Apa itu Tato,,? Tato didalam fiqh dikatakan pula dengan الْوَشْمُ yang apabila diartikan ; menusuk jarum didalam kulit sehingga keluarnya darah yang membeku di dalam kulit sehingga nampak seumpama warna biru atau hijau, ulama menghukum memakainya adalah haram.
⭐Dizaman sekarang ini Tato dibagi menjadi dua katagori ⤵
➡pertama : yaitu tato Permanen
adalah tato yang tintanya di dalam kulit,model ini sulit untuk menghilangkanya dan sah untuk wuzuk/junub karena sampai air di bagian kulit.
➡ke 2 : yaitu tato Non permanen,
adalah tato yang tintanya ada diluar kulit mudah untuk menghilangkanya, model ini tidak sah berwudhu' atau mandi junub karena tidak sampai air ke kulit.
Mengenai tentang Hukum membuat tato keduanya merupakan haram.
Yang menjadi pertanyaan ...??
Bagaimana status hukum orang yang mentato diri pada anggota wudhu' atau pada keseluruhan badanya apakah sah wudhu' atau mandi junubnya ? Dan wajib kah menghilangkan tato jika ia telah bertaubat..???
⭐Untuk Jawabannya disimak baik~baik ya⭐⤵⤵
➡⚫Sah wudhu' dan mandi junubnya, serta berdosa menato pada tubuhnya, sedangkan yang wajib ketika ia bertaubat adalah menghilangkan tato bila tiada mudharat, karena perbuatan tersebut tidak boleh.
➡⚫Namun bila mudharat yang timbul adalah suatu yang membolehkan tayamum jika menghilangkannya maka tidak wajib untuk dihilangkan.
↪untuk Penjelasannya ↩
➡⚫Tato adalah darah di dalam kulit yang nampak berwarna biru dan hijau dengan sebab menusuk jarum kedalam kulit. Pada permasalahan tato dapat di tafsilkan sebagai berikut :
⚫Bila dilakukan oleh orang yang mukallaf dengan pilihannya tanpa ada paksaan,mengetahui akan haram dengan tiada keperluaan pada menatonya dan kuasa untuk menghilangkannya maka wajib dihilang,bila susah menghilangkannya maka tidak wajib.
⚫Bila ia melakukannya pada masa kecilnya atau dasar paksaan orang lain ,tidak mengetahui akan haram atau karena keperluan dan dikhawatirkan akan menimbul bahaya (Yang membolehkan tayamum) maka tidak wajib dihilangkan dan sah sembahyang dan imam.
berikut nas kitab fiqh-nya...
( الْوَشْمُ ) وَهُوَ غَرْزُ الْإِبْرَةِ فِي الْجِلْدِ حَتَّى يَخْرُجَ الدَّمُ ثُمَّ يَذُرَّ 👈عَلَيْهِ نَحْوَ نِيلَةٍ لِيَخْضَرَّ أَوْ يَزْرَقَّ ا هـ ا ج .قَوْلُهُ : ( فَفِيهِ التَّفْصِيلُ الْمَذْكُورُ وَهُوَ أَنَّهُ إذَا فَعَلَهُ مُكَلَّفٌ مُخْتَارٌ عَالِمٌ بِالتَّحْرِيمِ بِلَا حَاجَةٍ وَقَدْرَ عَلَى إزَالَتِهِ لَزِمَتْهُ ، وَإِلَّا فَلَا .فَإِذَا فُعِلَ بِهِ فِي صِغَرِهِ أَوْ فَعَلَهُ مُكْرَهًا أَوْ جَاهِلًا بِالتَّحْرِيمِ أَوْ لِحَاجَةٍ وَخَافَ مِنْ إزَالَتِهِ مَحْذُورَ تَيَمُّمٍ فَلَا تَلْزَمُهُ إزَالَتُهُ وَصَحَّتْ صَلَاتُهُ وَإِمَامَتُهُ ، وَعُلِمَ مِنْ ذَلِكَ أَنَّ مَنْ فَعَلَ الْوَشْمَ بِرِضَاهُ فِي حَالِ تَكْلِيفِهِ ، وَلَمْ يَخَفْ مِنْ إزَالَتِهِ مَحْذُورَ تَيَمُّمٍ مَنَعَ ارْتِفَاعَ الْحَدَثِ عَنْ مَحَلِّهِ لِتَنَجُّسِهِ وَإِلَّا عُذِرَ فِي بَقَائِهِ مُطْلَقًا وَحَيْثُ لَمْ يُعْذَرْ فِيهِ وَلَاقَى مَاءً قَلِيلًا أَوْ 👉مَائِعًا أَوْ رَطْبَا نَجَّسَهُ ، كَذَا أَفْتَى بِهِ الْوَالِدُ شَرْحُ م ر .
👉di kitab Qurratul 'Ain bifatawaa Ismail Zain halaman 49
سؤال . ماقولكم فيمن غرز فى أعضاء وضوءه او فى سائر بدنه👈 بالإبرة مثلا ووضع محله نحو حبر للتلوين والتصوير فإذا التحم بعد ذلك فهل يصح وضوؤه وكذلك غسله اولا ؟ الجواب : نعم يصح وضوؤه وغسله مع كونه إثما بذلك الفعل يجب عليه التوبة وإزالته ان لم يؤد الى ضرر لأنه نوع من الوشم ففعله غير جائز ولكن الوضوء والغسل معه صحيحان للضرورة لأنه داخل الجلد ملتحم عليه فلا يمنع صحة الوضوء والغسل لكونه ↪داخل البشرة والصلاة معه صحيحة للضرورة.
⭐Dalam kitab Hasyiah Ia'anatu at-Thalibiin Juzu'k I halaman 107 cetakan Haramain⭐
( تتمة ) تجب إزالة الوشم وهو غرز الجلد بالإبرة إلى أن يدمى 👈ثم يذر عليه نحو نيلة فيخضر لحمله نجاسة هذا إن لم يخف محذورا من محذورات التيمم السابقة في بابه أما إذا خاف فلا تلزمه الإزالة مطلقا
وقال البجيرمي إن فعله حال عدم التكليف كحالة الصغر والجنون👈 لا يجب عليه إزالته مطلقا وإن فعله حال التكليف فإن كان لحاجة لم تجب الإزالة مطلقا وإلا فإن خاف من إزالته محذور تيمم لم تجب وإلا وجبت ومتى وجبت عليه إزالته لا يعفى عنه ولا تصح صلاته معه
ثم قال وأما حكم كي الحمصة فحاصله أنه إن قام غيرها مقامها 👈في مداواة الجرح لم يعف عنها ولا تصح الصلاة مع حملها وإن لم يقم غيرها مقامها صحت الصلاة ولا يضر انتفاخها وعظمها في المحل ما دامت الحاجة قائمة وبعد انتهاء الحاجة يجب نزعها
👉فإن ترك ذلك من غير عذر ضر ولا تصح صلاته
wallahua'lam,Semoga bermanfaat.amin.
EmoticonEmoticon