Selasa, 04 Desember 2018

kaza hajat inilah adab yang sering dilupakan,padahal manfaanya begitu besar



 ➡Islam merupakan agama yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, baik dalam hal ibadah,muamalah hingga qadha hajat diatur dalam islam, qadha hajat mempunyai adab adab dan etika tersendiri,yang hukumnya sunnah untuk dikerjakan, dan mendapat pahala bagi pelakunya.
Banyak yang bertanya Bagaimanasih adab-adab dalam melakukan qadha hajat..???
➡Jawabannya dibawah ini seperti yang tertera didalam kitabb Fathul Mui’n Juzu' pertama  halaman 110-111 Dan Kitab Fathul Qarib Juzu' pertama halaman 60 sampai 66 Haramain

⚫Hal Yang diwajibkan Pada saat qadha hajat (kencing dan berak) adalah istinjak atau membersihkan semua bagian yang terkena najis baik dengan air maupun dengan tiga batu yang akan membersihkan najis tersebut namun jika seseorang memilih antara batu atau air maka air terlebih baik karena air bisa membersihkan ii’n najis, Dan yang terlebih afdhal(baik) lagi jika seseorang memakai tiga batu kemudian dilajutkan dengan memakai air...


pertama⚫ Masuk ke jamban dengan kaki kiri
➡ke 2⚫ Membaca doa masuk jamban berikut doanya..
👈اَلَّلهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ👉
⚫Artinya;Ya Allah sesungguhnya aku memohon perlindungan pada MU dari-pada setan laki-laki dan setan perempuan.

➡ke ke 3⚫Membaca doa keluar jamban,berikut doanya..

👈اَلَّلهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِي مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِي مِنَ اْلفَوَاحِشِ👉
⚫yang Artinya ; Ya Allah sucikanlah hatiku dari kemunafikan dan lindungi kemaluanku dari keburukan (Zina).

ke 4⚫ Tidak memasukkan lafaz yang mulia seperti quran dan nama Allah

➡ke 5⚫Haram Menghadap kiblat dan membelakanginya pada tempat terbuka jika tidak ada penghalang yang tingginya 2/3 hasta (Sekitar 15 Cm).
➡ke 6⚫ Tidak berbicara pada qada hajat kecuali jika ada hajat.
➡ke 7⚫ Tidak qadha hajat di dalam air yang tenang.
➡ke 8⚫Tidak qadha hajat di bawah pohon berbuah walaupun belum berbuah.
➡ke 9⚫ Tidak menghadap dan membelakangi bulan maupun matahari.
➡ke 10⚫ Tidak qadha hajat pada tempat perkumpulan manusia.
➡ke 11⚫ Tidak qadha hajat pada tempat naungan atau tempat berteduh manusia.
➡ke 12⚫ Tidak qadha hajat pada jalan tempat lalu-lalang manusia.
➡ke 13⚫ Tidak melihat kepada najis yang sedang keluar.
ke 14⚫ Tidak melihat kemaluan.
➡ke 15⚫ Tidak melihat ke arah atas.
➡ke 16⚫ Tidak melihat ke kanan dan kiri.
➡ke 17⚫ Tidak mengerak-gerak tangannya.
➡ke 18⚫ Menjahui dari manusia supaya tidak terdengar suara keluarnya najis.
➡ke 19⚫ Menutup hidung supaya tidak mencium bau najis.
➡ke 20⚫ Tidak nampak dilihat oleh manusia maupun hewan seperti kucing.
➡ke 21⚫ Tidak qadha hajat pada tempat yang kencang tiupan angin karena menyebabkan was-was.
➡ke 22⚫Tidak kencing sambil berdiri.
➡ke 23⚫ Tidak membuka kepala.
➡ke 24⚫Mengangkat pakaiannya supaya tidak terkena najis.
➡ke 25⚫Sunnah duduk di atas kaki kiri supaya mudah keluar kotoran.

 Dan masih banyak lagi adab_adab qaza hajad yang laen terdapat dalam kitab~kitab fiq'h yang mu’tabar...


Senin, 03 Desember 2018

INILAH ZIKIR PENYELAMAT IMAN YANG HARUS DIAMALKAN




📥 ketakutan yang sangat besar bagi orang~orang yang beriman ketika mati imannya tidak selamat,Oleh karena demikian istiqamahlah diri kita agar selalu bertaubat dan mintak ampun kepada allah swt,menangisi dosa dan merendahkan diri, serta menghidupkan waktu malam-malammu dengan memperbanyak sujud(shalat) zikir kepada Allah. Sehingga ketika kita meninggal insya allah selamat iman,berikut ini amalan dzikir yang dapat menyelamatkan iman kita ketika meninggal insya allah..


👈استغفر الله العظيم الذي لا اله الا هو الحي القيوم واتوب اليه ×3


👈أَللّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَاِلَيْكَ يَعُوْدُالسَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالاِكْرَامِ3x

Kemudian membaca اية كرسي

👈اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

👈آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ , لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ .

👈شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ , إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

👈قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ , تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ.


بسم الله الرحمن الرحيم
👈قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ,اللَّهُ الصَّمَدُ ,لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ, وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ


بسم الله الرحمن الرحيم
👈قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5


بسم الله الرحمن الرحيم
👈قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6

👈بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (1) الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (2) الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (3) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (4) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5) اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7



Kelebihannya barang siapa yang mau menjadikan zikir ini dibaca rutin sesudah shalat lima waktu maka insya Allah akan selamat imannya(meninggal dalam husnul khatimah).


Amin ya rabbal 'alamin.

POLIGAMI,BEGINI ketentuan dalam mazhab syafie

KETIKA Berpoligami, Haruskah Seorang Suami Minta Izin Pada Istrinya?
 ⚫Poligami merupakan satu permasalahan tersendiri bagi pasangan suami istri. Seorang istri biasanya tidak akan rela berbagi suami dengan perempuan lain. Ini wajar mengingat rasa cemburu dari seorang perempuan.
  ⚫Poligami merupakan permasalahan umat yang tidak pernah selesai, selalu saja terjadi pro dan kontra hingga sekarang, sebagian ada yang menol

aknya dengan dalih kesetiaan cinta, ada juga yang mendukungnya karena ingin punya istri tiga, ada pula yang netral tidak mempedulikannya, namun bagaimanakah aturan poligami menurut hukum islam? Ada sebagian kalangan mengatakan bahwa suami hanya boleh berpoligami setelah adanya restu dan izin dari istri pertama,Benarkan demikian..???

JAWABAN YANG TERTERA DIDALAM KITAB Fiqh islami wa adillatuhu halaman  6670 juzu' 9 cetakan dar al fikr,berikut nas kitabnya,,⤵


قيود إباحة التعدد

اشترطت الشريعة لإباحة التعدد شرطين جوهريين هما


{1}

 توفير العدل بين الزوجات: أي العدل الذي يستطيعه الإنسان 👈ويقدر عليه، وهو التسوية بين الزوجات في النواحي المادية من نفقة وحسن معاشرة ومبيت، لقوله تعالى: {فإن خفتم ألا تعدلوا فواحدة، أو ما ملكت أيمانكم، ذلك أدنى ألا تعولوا} [النساء:3/ 4] فإنه تعالى أمر بالاقتصار على واحدة إذا خاف الإنسان الجور ومجافاة العدل بين الزوجات.

وليس المراد بالعدل ـ كما بان في أحكام الزواج الصحيح ـ هو التسوية في العاطفة والمحبة والميل القلبي، فهوغير مراد؛ لأنه غير مستطاع ولا مقدور لأحد، والشرع إنما يكلف بما هو مقدور للإنسان، فلا تكليف بالأمور الجبلِّية الفطرية التي لا تخضع للإرادة مثل الحب والبغض.

ولكن خشية سيطرة الحب على القلب أمر متوقع، لذا حذر منه الشرع في الآية الكريمة: {ولن تستطيعوا أن تعدلوا بين النساء، ولو حرصتم، فلا تميلوا كل الميل، فتذروها كالمعلقة} [النساء:129/ 4] وهو كله لتأكيد شرط العدل، وعدم الوقوع في جور النساء، بترك الواحدة كالمعلقة، فلا هي زوجة تتمتع بحقوق الزوجية، ولا هي مطلقة. والعاقل: من قدَّر الأمور قبل وقوعها، وحسب للاحتمالات والظروف حسابها، والآية تنبيه على خطر البواعث والعواطف الداخلية، وليست كما زعم بعضهم لتقرير أن العدل غير مستطاع، فلا يجوز التعدد، لاستحالة تحقق شرط إباحته.


{2}



 القدرة على الإنفاق: لا يحل شرعاً الإقدام على الزواج، سواء👈 من واحدة أو من أكثر إلا بتوافر القدرة على مؤن الزواج وتكاليفه، والاستمرار في أداء النفقة الواجبة للزوجة على الزوج، لقوله صلّى الله عليه وسلم: «يا معشر الشباب، من استطاع منكم الباءة فليتزوج ... » والباءة: مؤنة النكاح.

حكمة تعدد الزوجات:👈


إن نظام وحدة الزوجة هو الأفضل وهو الغالب وهو الأصل شرعاً، وأما تعدد الزوجات فهو أمر نادر استثنائي وخلاف الأصل، لا يلجأ إليه إلا عند الحاجة الملحة، ولم توجبه الشريعة على أحد، بل ولم ترغب فيه، وإنما أباحته الشريعة لأسباب عامة وخاصة.







👉Dalam mazhab Syafii, terdapat dua ketentuan penting untuk seorang suami boleh melakukan poligami antara lain sebagai berikut;

➡Pertama ⚫Dapat berlaku adil diantara istri-istrinya. Pengertian adil disini adalah adil yang sanggup dilakukan oleh seorang suami dalam kapasitasnya sebagai manusia, yaitu adil dalam masalah belanja, nafakah dan giliran bermalam, jika seseorang memberikan belanja lima puluh ribu perhari kepada istri pertama, maka ia juga harus memberikan nilai yang sama kepada istri yang kedua, demikian juga jika ia bermalam selama seminggu dirumah istri pertama, hal yang sama juga ia lakukan pada istri yang kedua, Inilah yang dimaksud adil dalam hal poligami, bukanlah adil yang dimaksud adalah adil dalam hal cinta, kasih sayang dan kekecenderungan hatinya, Tidak masalah jika seorang suami lebih mencintai istri pertamanya dari istri kedua. Yang demikian tidak akan membuat suami tidak adil.

➡Kedua⚫Mampu dalam hal nafakah. Nafakah atau biaya ketika atau sesudah nikah merupakan hal yang harus dipenuhi oleh suami ketika ingin melanjutkan pernikahan, karena semua biaya hidup istri adalah tanggung jawab suami setelah terjadinya ijab kabul antara suami dan wali. Namun demikian, nafakah yang dimaksud disini adalah kebutuhan pokok istri menurut status sosialnya,

  ⚫dari dua poin di atas bisa disimpulkan jika seorang suami tidak wajib meminta izin istri pertamanya untuk berpoligami dengan catatan ia memenuhi dua syarat di atas, dapat berlaku adil dan adanya nafakah pernikahan. Bahkan ia boleh saja berpoligami tanpa sepengetahuan istrinya, karena seorang laki laki boleh menikahi sampai dengan empat istri selama ia bisa berlaku adil antara mereka.
   ⚫Namun perlu diketahui, dua hal diatas bukanlah syarat untuk sah poligami. Maka pernikahannya dengan istri keduanya tetap sah walaupun ia tidak mampu bersikap adil dan tidak memiliki nafakah, hanya saja ia berdosa dengan sebab tidak adil. Karena dua hal diatas adalah kewajiban suami, artinya bila ia tidak adil maka ia akan berdosa dan bila ia tidak mampu memberi nafakah lahir maka istrinya boleh saja menfasakhnya.
  ⚫Sama halnya dengan suami yang hanya memiliki satu istri. Ia wajib bergaul dengannya dengan baik dan memberikan nafakah. Namun bukan berarti bila ia tidak punya nafakah, serta tidak mampu bergaul dengan baik dengan istrinya maka nikahnya tidak sah.


wALLAHUA'LAM



Sabtu, 01 Desember 2018

WANITA SEDANG HAID,MENETAP DALAM MESJID,BEGINI HUKUMNYA.



👣Berangkat dari salah pemahaman dalam membaca salah satu I’barah kitab,maka tataislam ingin meluruskan permasalahan bagi wanita yang sedang datang bulan atau haid untuk menetap dalam mesjid serta bagaimana hukum wanita tersebut menetap dalam mesjid jika ia memakai pembalut dan tidak dikhawatirkan akan mengotori mesjid...berikut uraiannya...⤵⤵

➡Dalam kitab syarah Ibnu Qasim juzu' 1 halaman 114 Cetakan Haramain
👈(و) الخامس (دخول المسجد) للحائض ان خافت تلويثه)👉
➡Dan Dalam Kitab Hasyiah Al-bajuri Juzu'1 Halaman 114 ~115 Cetakan Haramain
👈(قوله والخامس دخول المسجد)  ولو لمجرد العبور لغلط حدثها وبهاذا فارقت الجنب حيث لم يحرم في حقه مجرد العبور واما المكث فحرام عليهما ومثله التردد لقول صلى الله عليه وسلم لااحل المسجد لحائض ولا لجنب روه ابو داود عن عائشة👉

➡⚫Sehingga timbul Pertanyaan Bagaimana wanita sedang haid menetap dalam mesjid jika ada pembalut.. ?? Dan Bagaimanakah pemahaman matan kitab di atas..???

⏩Jawabannya sebagai berikut ..:⏪

➡Haram bagi wanita berhaid atau mentruasi menetap atau masuk dalam mesjid walapun ada pembalut atau tidak khawatir mengotori mesjid.
 ➡haram bagi wanita berhaid masuk ke mesjid jika ia khawatir akan mengotori mesjid. Masuk artinya melewati dari satu arah pintu ke pintu arah yang lain, maka haram jika akan mengotori mesjid, namun jika sampai menetap atau lalu lalang dari pintu yang searah maka hukumnya haram baik dikhawatirkan mengotori mesjid atau tidak mengotori, baik ada pembalut atau tidak ada. Lebih-lebih jika duduk di dalamnya,  Seperti matan kitab dan hadis di atas (tidak halal menetap dalam mesjid bagi wanita berhaid dan bagi orang berjunub)⏪


⏩KESiMPULKANNYA⏪


➡Bagi wanita berhaid haram  masuk mesjid atau lalu lalang  dari pintu yang bersamaan arah jika khawatir mengotorinya.


JAWABAN DIATAS DAPAT DILIHAT DALAM KITAB⚫⚫ ⤵

pertama  ⚫Minhaj at-Thalibin Hal.7 Cetakan Haramain
👈وَيَحْرُمُ بِهِ مَا حَرُمَ بِالْجَنَابَةِ، وَعُبُورُ الْمَسْجِدِ إنْ خَافَتْ تَلْوِيثَهُ، وَالصَّوْمُ، وَيَجِبُ قَضَاؤُهُ، بِخِلَافِ الصَّلَاةِ، وَمَا بَيْنَ سُرَّتِهَا وَرُكْبَتِهَا، وَقِيلَ: لَا يَحْرُمُ غَيْرُ الْوَطْءِ، فَإِذَا انْقَطَعَ لَمْ يَحِلَّ قَبْلَ الْغُسْلِ غَيْرُ الصَّوْمِ، وَالطَّلَاقِ👉

➡ke 2⚫Hasyiah Ia’natu Thalibin Juzu' I
👈ويحرم بنحو الحيض أيضا العبور في المسجد إن خافت تلويثه، فإن أمنته جاز لها العبور كالجنب، مع الكراهة ومباشرة ما بين سرتها وركبتها والطلاق فيه إذا كانت موطوءة👉

ke 3 ⚫Kanzul Ragibin Juzu' I Halaman 114 Cet.Darul Fikri
👈( وَيَحْرُمُ بِهِ ) أَيْ بِالْحَيْضِ ( مَا حَرُمَ بِالْجَنَابَةِ ) مِنْ الصَّلَاةِ وَغَيْرِهَا ( وَعَبُورُ الْمَسْجِدِ إنْ خَافَتْ تَلْوِيثَهُ )👉

ke 4 ⚫Syarah Qulyubi Juzu' I Halaman. 114 Cet.Darul Fikri
👈قَوْلُهُ : ( وَعُبُورُ الْمَسْجِدِ إنْ خَافَتْ تَلْوِيثَهُ ) الْمُرَادُ بِالْخَوْفِ مَا يَشْمَلُ التَّوَهُّمَ ، وَأَمَّا عُبُورُ غَيْرِ الْمَسْجِدِ كَالرِّبَاطِ ، وَمِلْكِ الْغَيْرِ فَإِنَّمَا يَحْرُمُ مَعَ الظَّنِّ ، وَيُكْرَهُ لَهَا عُبُورُ الْمَسْجِدِ مَعَ الْأَمْنِ لِغِلَظِ حَدَثِهَا ، وَلِذَلِكَ كَانَ خِلَافَ الْأَوْلَى فِي الْجُنُبِ 👉

ke 5⚫Hasyiah Al-bajuri Juzu' 1 Halaman114-115 Cet.Haramain
👈(قوله والخامس دخول المسجد)  ولو لمجرد العبور لغلط حدثها وبهاذا فارقت الجنب حيث لم يحرم في حقه مجرد العبور واما المكث فحرام عليهما ومثله التردد لقول صلى الله عليه وسلم لااحل المسجد لحائض ولا لجنب روه ابو داود عن عائشة👉

 ➰WALLAHUA'LAM

DOA DALAM MAJLIS




➡Kafaratul Majelis adalah
 suatu majelis perkumpulan baik musyawarah,diskusi ilmu dan sebagainya, maka Rasulullah SAW telah mengajarkan kita tatacara etika dalam majelis tersebut, mulai dari memulai suatu majelis hingga penutupannya, hal ini bukan sekedar membangun etika melainkan menjadi amal tersendiri yang sangat banyak pahala disisi Allah SWT. Diantaranya ada doa-doa yang diajarkan Rasulullah SAW.
Sunat bagi seseorang yang pindah dari suatu tempat kepada tempat yang lain supaya membaca zikir apa saja, sehingga makruh bagi seseorang jika tidak melakukan hal ini seperti yang tedapat didalam kitab Ia’natu Thalibin Juzu' 2 halaman .83-84 cetakan Haramain,berikut nas kitabnya⚫⚫⤵⤵
(قوله ولمن قعد في مكان إلخ) أي ويكره لمن قعد في مكان أن يفارقه قبل أن يذكر الله فيه لما روي عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ما من قوم يقومون من مجلس لا يذكرون الله تعالى فيه إلا قاموا عن مثل جيفة حمار وكان لهم حسرة وعنه أيضا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال من قعد مقعدا لم يذكر الله تعالى فيه كانت عليه من الله ترة وهي بكسر التاء وتخفيف الراء ومعناه نقص وقيل تبعة وقيل حسرة وعنه أيضا عن النبي صلى الله عليه وسلم قال ما جلس قوم مجلسا لم يذكروا الله تعالى ولم يصلوا على نبيهم فيه إلا كان عليهم ترة فإن شاء عذبهم وإن شاء غفر لهم وعنه أيضا قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من جلس في مجلس فكثر فيه لغطه فقال قبل أن يقوم من مجلسه ذلك سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك إلا غفر له ما كان في مجلسه ذلك وفي حلية الأولياء عن علي رضي الله عنه قال من أحب أن يكتال بالمكيال الأوفى فليقل في آخر مجلسه أو حين يقوم سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين



baca juga; problema sosial begini cara mengatadinya




baca juga: hukum haji ,umrah menggunakan harta haram.


baca juga; kenak sihir,santet guna-guna begini cara mengatasinya


baca juga; wanita yang cantik,inilah dia



baca juga; memilih jodoh, begini caranya



Dan di perkuat lagi berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah R.A seperti yang terdapat dalam di atas...
👈قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ما من قوم يقومون من مجلس لا يذكرون الله تعالى فيه إلا قاموا عن مثل جيفة حمار وكان لهم حسر👉
➡Artinya : Rasulullah SAW bersabda tidak dari kaum yang berpindah dari suatu tempat ketempat yang lain yang tidak membaca zikir, maka seolah-olah ia berpindah dari bangkai keledai dan ia mendapat suatu kerugian.

👈وعنه أيضا عن النبي صلى الله عليه وسلم قال ما جلس قوم مجلسا لم يذكروا الله تعالى ولم يصلوا على نبيهم فيه إلا كان عليهم ترة فإن شاء عذبهم وإن شاء غفر لهم👉



➡Artinya : Tidaklah suatu majelis yang tidak diakhiri dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, niscaya ia mendapat kerugian di sisi Allah SWT, jika Allah menghendaki meng-azabnya atau mengampuninya


➡Diriwayatkan juga dari Abu Hurairah RA pula barang siapa membaca doa ketikah selesai dari suatu majelis niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya, doanya ialah :


👈سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك👉


  


➡"Maha suci Allah, Ya Allah dengan kepujianMU, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selainMU dan aku meminta ampun dan bertaubat kepadaMU"


➡Dan barang siapa ingin mendapatkan timbangan pahala kebaikan dari suatu majelis maka hendaklah mengakhiri majelis dengan membaca doa;

👈سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين👉
➡"Maha suci tuhanmu,Tuhan yang mempunyai kemegahan dengan sifatnya, serta salam kepada para RasulNYA dan segala puji bagi Allah tuhan sekalian alam"

👉WALLAHUAKLAM👈


Kamis, 29 November 2018

BISMILLAH,INI HIKMAH YANG DIKANDUNGI DALAM SETIAP HURUF-NYA YANG WAJIB DI KETAHUI...


➡setiap Allah menciptakan sesuatu pasti ada hikmah dibaliknya,begitu juga dengan kalimat 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ{BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM}
seperti yang tertera dalam kitab Hasyiah i’anatutthalibin Juzu' 1 Halaman 5
👈والحكمة في أن الله سبحانه وتعالى جعل افتتاح البسملة بالباء دون غيرها من الحروف، وأسقط الألف من اسم، وجعل الباء في مكانها، أن الباء حرف شفوي تنفتح به الشفة ما لا تنفتح بغيره، ولذلك كان أول انفتاح فم الذرة الإنسانية في عهد ألست بربكم بالباء في جواب بلى، وأنها مكسورة أبدا⚫
⚫فلما كانت فيها الكسرة، والانكسار في الصورة والمعنى، وجدت شرف العندية من الله تعالى، كما قال: أنا⚫عند المنكسرة قلوبهم بخلاف الألف، فإن فيها ترفعا وتكبرا وتطاولا، فلذلك أسقطت.
⚫وخصت التسمية بلفظ الجلالة ولفظ الرحمن، ولفظ الرحيم، ليعلم العارف أن المستحق لأن يستعان به في جميع الأمور هو المعبود الحقيقي، الذي هو مولى النعم كلها، عاجلها وآجلها، جليلها وحقيرها⚫
⚫فيتوجه العارف بجملته حرصا ومحبة إلى جناب القدس، ويتمسك بحبل التوفيق، ويشتغل سره بذكره والاستمداد به عن غيره⚫

Hikmah Allah memulai bismillah dengan huruf “ba” bukan dengan huruf yang lain pada ismi dan alif digugurkan kemudian digantikan dengan “ba” yaitu dikarenakan huruf “ba” merupakan huruf syafawi (bibir) dan bibir hanya akan terbuka dengan huruf ba tidak dengan huruf yang lain, dan juga keturunan manusia menjawab” bala( ya)” ketika allah “menayakan alastu birabbikum” .
  ➡Dan pada bismillah dikasrahkan ba selamanya dikarenakan inkisar ( pecah/hancur) pada bentuk dan makna terdapat kemulyaan di sisi Allah SWT, sebagaimana firman Allah “ ana i’ndal munkatsirati qulubuhum” ( aku berada disisi orang yang hancur hatinya) berbeda dengan alif yang padanya ada ketinggian kebesaran dan panjang maka karena demikianlah alif digugurkan.
➡Dan Allah mengkhususkan namanya pada basmalah dengan lafal jalalah dan dengan arrahman dan arrahim supaya orang a’rif mengetahui demikianlah yang mesti kita tuntut berhakkan,dan meminta pertolongan dengan nama-nama tersebut pada segala urusan,karena nama tersebut menunjuki bahwa Allah yang ma’bud bilhaq(patut disembah), empunya segala nikmat,yang memuliakan dan menghinakan seseorang,maka orang arif akan terbawa dengan kalimat kalimat bismillah kepada mahabbah ilahi,berpegang teguh dengan tali taufiq Allah SWT,dan selalu mnyibukkan dirinya dengan mengingat Allah.

Oleh karena lafadh BISMILLAH begitu enteng dalam mengucapkannya,kita yang masih di beri kekuatan dan kemudah dalam berucap kalimah bismillah jangan ragu dalam memperbayak penyebutannya kalimah tersebut,apalagi ketika hendak ber-aktifitas...insya allah berkah.

⏩WALLAHUA'LAM⏪

NIAT DIDALAM SHALAT



   Pada postingan kali ini tataislam,akan mengupas perkara yang berkaitan dengan rukun shalat yang pertama, yaitu niat.
Namun sebelum kita mengulas lebih jauh tentang niat alangkah baiknya kita
Ketahui dulu apa pengertian NIAT..??
Niat adalah qasad dengan hati untuk mengerjakan shalat. Kewajiban niat dalam shalat berdasarkan hadits Rasulullah SAW;👉انما الاعمال بالنيات👈
⚫Artinya : "hanyasanya sahnya amal, tergantung pada niat''{H. R. Imam Bukhari}

Tujuan dari niat adalah untuk membedakan shalat dengan perbuatan lain yang bukan ibadah. Dalam niat shalat, ada 3 unsur yang wajib dihadirkan :

➡1⚫Qashad, yaitu kesengajaan dalam hati akan melakukan shalat. Supaya terbeda dari perbuatan yang selain shalat.


➡2⚫ta’arradh, yaitu menyatakan dengan hati tentang fardhu atau sunatnya shalat, supaya terbeda tiap-tiap (fardhu / sunat) dari yang lain. 


➡3⚫Ta’yiin, artinya menentukan shalat yang akan di kerjakan, misalnya shalat dhuhur, ashar dll.




👉 WAJIBNYA QASAD, TA'ARRADH DAN TA'YIIN

⚫Wajib meng-qasad melakukan shalat dan menta’yiinkan (menentukan) waktu shalat walau pada shalat sunnat yg bukan sunnat Mutlaq, seperti shalat sunat yang pelaksanaannya dalam waktu-waktu tertentu (termasuk didalamnya sunat rawatib, sunat tarawih, sunat dhuha dan sunnat dua hari raya), dan shalat sunat yang disebabkan oleh suatu sebab (seperti gerhana dan kemarau). Adapun shalat sunat mutlaq, tidak wajib menta’yiinkan waktu shalat. Bahkan sah salatnya hanya dengan niat mengerjakan shalat. Seperti pada dua raka’at shalat tahyatul masjid, sunnat wudhu’ dan shalat istikharah.

  
⚫Ada tiga syarat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan shalat fardhu, yaitu; niat mengerjakan shalat, menentukan waktu shalat (seperti subuh, dll), dan niat fardhiah (meniatkan bahwa shalat yang dikerjakan adalah shalat fardhu). Ketiga hal tersebutlah yang di istilahkan dengan qasad, ta’arrudh, dan ta’yin.


👉HAL KHUSUS MENYANGKUT MASALAH TA'ARRADH

⚫Wajib berniat melaksanakan shalat fardhu (termasuk fardhu kifayah, atau fardhu karena nazar) walaupun yang mengerjakannya adalah anak kecil. Contohnya seperti "sahaja aku shalat fardhu zuhur / fardhu jum’at (sekalipun imam sudah berada ada posisi tasyahud)". Dan pada niat, disunnahkan menisbahkan shalat kepada Allah (seperti mengucapkan “lillaahi ta’ala”). Tujuannya adalah untuk menampakkan keikhlasan hanya kepada Allah. Disunnahkan pula meniatkan shalat tunai/qadha. Dan berdasarkan pendapat yang kuat, sah melakukan shalat tunai dengan niat qadha, begitu pula sebaliknya. Namun hal ini hanya berlaku bila dalam keadaan ozor, misalnya mendung, dsb. Jika tidak, maka shalatnya batal, karena dianggap talaa’ub (bermain-main) dalam ibadah. Dan disunnahkan pula berniat menghadap kiblat dan meniatkan jumlah raka’at.

👉MASALAH LAFADZ NIAT



⚫Disunnahkan melafadzkan niat sebelum takbiratul ihram, tujuannya adalah agar hatinya lebih fokus. Dan jikalau seseorang ragu apakah ia telah melakukan niat dengan sempurna atau tidak, atau terjadi keraguan apakah ia meniatkan shalat zuhur atau ashar? Maka jika ia teringat dalam frekuensi waktu yang lama, atau setelah melewati satu rukun (walau rukun qauliy, seperti bacaan surah al-fatihah), maka shalatnya batal. Dan jika teringat sebelum itu, maka tidak mengapa.

⚫Imam Abu Yahya Zakaria al-Anshary dalam kitab beliau, tuhfah al-thullab bi syarhi al-tahriirmenjelaskan bahwa salah satu kewajiban dalam shalat adalah menyertakan niat shalat ketika membaca takbiratul ihram, yang diistilahkan dengan muqaaranah. Lebih lanjut, beliau menjelaskan dalam Hasyiah al-syarqawi ‘ala al-tahriir bahwa terdapat beberapa rincian hukum tentang muqaaranah dan istihdhar, diantaranya:

➡Istihdhar hakiky, yaitu menghadirkan keseluruhan shalat dalam jiwa, maksudnya menghadirkan ke-13 rukun-rukun shalat. Ke- tiga belas rukun tersebut dihadirkan dengan terperinci, yaitu dengan cara menghadirkannya dalam jiwa secara khusus. Seperti membayangkan sepasang pengantin di atas pelaminan (ketika kita membayangkan sepasang pengantin di atas pelaminan, pasti akan terbayang pengantin pria, pengantin wanita, dan pelaminan secara sekaligus. Ketiganya akan hadir di fikiran kita secara sekaligus, begitu pula dalam hal ini


➡Muqaaranah hakiky, yaitu menyertakan niat mulai dari awal bacaan takbiratul ihram sampai penghabisan bacaan takbiratul ihram.


➡Muqaaranah ‘urfy, yaitu menyertakan niat hanya pada satu bahagian dari pada segala bahagian bacaan takbiratul ihram.Imam al-nawany (631H-676H) dalam kitab Majmu’ syarah muhazzab dan juga imam yang lain berpendapat bahwa bagi masyarakat awam cukuplah muqaaranah ‘urfy saja, tanpa harus adanya muqaaranah hakiky. Pendapat ini berdasarkan pada ikhtar (pendapat yang dipilih) Imam Haramain al-Juwainy (419H-476H) dan Imam al-Ghazaly (450H-505H). Dan pendapat ini dibenarkan oleh Imam Tajuddin Abdul Wahhab al-Subky (727H-771H).


👉tulisana di atas dapat di rujuk  👀 didalam kitab  I’anatut Thalibin, jld. I, (Beirut: Darul Fikri, 1997), halaman 148

أحدها: (نية) وهي القصد بالقلب، لخبر: إنما الاعمال بالنيات. 👈(فيجب فيها) أي النية (قصد فعلها) أي الصلاة، لتتميز عن بقية الافعال (وتعيينها) من ظهر أو غيرها، لتتميز عن غيرها، فلا يكفي نية فرض الوقت
(ولو) كانت الصلاة المفعولة (نفلا) غير مطلق، كالرواتب والسنن المؤقتة أو ذات السبب، فيجب فيها التعيين بالاضافة إلى ما يعينها كسنة الظهر القبلية أو البعدية، وإن لم يؤخر القبلية. ومثلها كل صلاة لها سنة قبلها وسنة بعدها، وكعيد الاضحى أو الاكبر أو الفطر أو الاصغر، فلا يكفي صلاة العيد والوتر سواء الواحدة والزائدة عليها، ويكفي نية الوتر من غير عدد. ويحمل على ما يريده على الاوجه، ولا يكفي فيه نية سنة العشاء أو راتبتها، والتراويح والضحى، وكاستسقاء وكسوف شمس أو قمر. أما النفل المطلق فلا يجب فيه تعيين بل يكفي فيه نية فعل الصلاة، كما في ركعتي التحية والوضوء والاستخارة، وكذا صلاة الاوابين، على ما قاله شيخنا ابن زياد والعلامة السيوطي رحمهما الله تعالى. والذي جزم به شيخنا في فتاويه أنه لا بد فيها من التعين كالضحى
(و) تجب (نية فرض فيه) أي في الفرض، ولو كفاية أو نذرا، وإن كان الناوي صبيا، ليتميز عن النفل
(كأصلي فرض الظهر) مثلا، أو فرض الجمعة، وإن أدرك الامام في تشهدها. (وسن) في النية (إضافة إلى الله) (تعالى)، خروجا من خلاف من أوجبها، وليتحقق معنى الاخلاص. (وتعرض لاداء أو قضاء) ولا يجب وإن كان عليه فائتة مماثلة للمؤداة، خلافا لما اعتمده الاذرعي
والاصح صحة الاداء بنية القضاء، وعكسه إن عذر بنحو غيم، وإلا بطلت قطعا لتلاعبه، (و) تعرض (لاستقبال وعدد ركعات) للخروج من خلاف من أوجب التعرض لهما
(و) سن (نطق بمنوي) قبل التكبير، ليساعد اللسان القلب، وخروجا من خلاف من أوجبه. ولو شك: هل أتى بكمال النية أو لا؟ أو هل نوى ظهرا أو عصرا؟ فإن ذكر بعد طول زمان، أو بعد إتيانه بركن - ولو قوليا كالقراءة - بطلت صلاته، أو قبلهما 👉ف


👉dan selanjutnya didalam kitabTuhfah al-Thullab bi Syarhi al-Tahriir, jld. I, (Beirut: Darul Fikri), h. 177-178

و) ثالثها: (قرنها) أى النية (بها) أى بتكبيرة التحرم لأنها أول👈 واجبات الصلاة....الخ...و اختار فى المجموع و غيره ما اختاره الإمام و الغزالي أنه تكفي المقارنة العرفية عند العوام 👉بحيث يعد مستحضرا للصلاة. و صوبه السبكي

👉selanjutnya bisa dilihat dalam kitabHasyiah Syarqawy ‘ala al-Tahriir, jld. I, (Beirut: Darul Fikri), halaman . 178

قوله : (وقرنها أي النية الخ) اعلم أن لهم مقارنة حقيقية 👈واستحضارا حقيقيا تفصيلين ومقارنة عرفية واستحضارا عرفيا إجمالين. والمقارنة الحقيقية بعد الاستحضار الحقيقي. والعرفية بعد العرفي. فالاستحضار الحقيقي أن يستحظر فى ذهنه ذات الصلاة أي أركانها الثلاثة عشر التى من جملتها النية, وما يجب التعرض له فيها تفصيلا بان يقصد كل ركن بذاته على 👉الخصوص. وتكون هيئته أمامه كالعروس. ... الخ


👉wallahhu'alam👈

Rabu, 28 November 2018

Orang berwudhu tetapi duri ada di telapak kaki atou tangan,sahkah...???


🔑Berangkat pagi pulang sore demi mencari sesuap nasi untuk kebutuhan keluarga,sudah menjadi kebiasan bagi mereka yang sehari~hari bekerja dikebun,sehingga tidak sedikit ada yang melakukan kewajibannya sebagai seorang muslim yaitu melaksankan shalat lima waktu di tempat ia bekerja,Dan sudah barangpasti duri bukanlah suatu hal yang asing lagi bagi mereka pekerja,sehingga ketika ia berwudhu terdapat duri yang tertancap di salah satu bagian  anggota wudhunya,dan timbullah satu pertanyaan Bagaimanakah hukum wudhuk sa’at duri tersebut belum dicabut...????

Jawaban yang tertera di dalam Kitab fathul mu'in jilid 1 halaman 41cetakan haramain taitu;

👈(فرع) لو دخلت شوكة في رجله وظهر بعضها، وجب قلعها وغسل محلها لانه صار في حكم الطاهر، فإن استترت كلها صارت في حكم الباطن فيصح وضوؤه.ولو تنفط في رجل أو غيره لم يجب غسل باطنه ما لم يتشقق، فإن تشقق وجب غسل باطنه ما لم يرتتق⚫
{فتح المعين, الجزء الاول, المكتبة الحرمين, الصفحة 41}👉

🔑Pertama
⚫Apabila duri tersebut separuhnya masuk ke dalam dan yang lainnya masih di luar,maka wudhunya tidak sah hingga ia mencabutnya,lalu membasuhnya. Karena tempat bersarangnya duri tersebut termasuk ke dalam anggota dhahir/terlihat.

🔑ke 2
⚫Seandainya duri itu masuk seluruh bagiannya,maka tempat bersarang duri itu tidak termasuk anggota dhahir, dan tidak wajib membasuh kedalamnya,sehingga wudhunya juga dianggap sah.

Sekian tentang status duri yang ada pada bagian anggota wudhuk,wallahua'lam.

Minggu, 25 November 2018

CARA AGAR SHALAT MENJADI KHUSYU'



👀Khusyu’ ialah fokus hati hanya kepada apa yang sedang dilakukan, tidak membayangkan dalam hatinya selain dari apa yang sedang dikerjakan,dan
disunatkan khusyu’ dalam setiap gerakan shalat.    
 ⚫Namun kenyataan nya khusyu’ sangat sulit untuk diterapkan atou  diimplementasikan,terutama dalam shalat.Nah, karena itulah tataislam.blogspot.com menawarkan beberapa tips agar shalat kita bisa menjadi khusyu’ sehingga shalat kita mendapat nilai ibadah yang sempurna di sisi Allah SWT,Insya Allah.Sebagaimana yang terdapat dalam kitab Hasyiah I’anatuthalibin,ada 6 tips agar seseoranh bisa Khusyu' dalam Shalat diantaranya sebagai berikut;

➡Demikianlah beberapa Tips agar shalat kita bisa lebih Khusyu dan ibadah shalat kita diterima oleh Allah amin...

👉 semoga bermanfaat, wallahua'lam. 👈

PEREMPUAN WAJIB TAU 3 KATAGORI KEPUTIHAN INI



   👩Kesuburan wanita bisa ditandai dengan datangnya bulan dan keputihan, namun kadang sebagian wanita tidak mengetahui bahwa keputihan itu ada yang bernajis dan ada yang suci.

Sebagian dari perempuan bertanya tentang Bagaimanakan ciri-ciri keputihan yang bernajis dan yang suci.. ??

 Didalam Kitab I'anatuthalibin Jilid 1 halaman 104 Cetakan Dar al-Fikr  di Jawab sebagai berikut...

👈وحاصل ما ذكره الشارح فيها أنها ثلاثة أقسام: طاهرة قطعا، وهي ما تخرج مما يجب غسله في الاستنجاء، وهو ما يظهر عند جلوسها ونجسة قطعا، وهي ما تخرج من وراء باطن الفرج، وهو ما لا يصله ذكر المجامع. وطاهرة على الأصح، وهي ما تخرج مما لا يجب غسله ويصله ذكر المجامع. وهذا التفصيل هو ملخص ما في التحفة⚫
🔚وقال العلامة الكردي: أطلق في شرحي الإرشاد نجاسة ما تحقق خروجه من الباطن، وفي شرح العباب بعد كلام طويل. والحاصل أن الأوجه ما دل عليه كلام المجموع: أنها متى خرجت مما لا يجب غسله كانت نجسة👉

👉Keputihan yang ada pada perempuan ada tiga katagori:👈


👉pertama
⚫yaitu Keputihan yang keluar dari dhahir farji( tempat yang wajib cuci sesudah buang air kecil ),keputihan ini hukumnya suci.

👉yang kedua. 
⚫yaitu Keputihan yang keluar dari belakang batin farji ( tempat yang tidak sampai zakar saat berjimak dengan suami dan tidak wajib cuci sesudah buang air kecil ), keputihan ini hukumnya najis.


👉dan yang ke tiga
⚫yaitu Keputihan yang keluar dari batin farji ( tempat yang tidak wajib cuci sesudah buang air kecil, tetapi sampai zakar ketempat ini saat berjimak dg suami ) keputihan ini terjadi khilaf ulama, sebagian mengatakan suci dan sebagian mengatakan najis, sedangkan pendapat yang kuat mengatakan suci.
➡menurut Syekh al~Kurdi beliou mengatakan keputihan yang keluar dari batin farji itu bernajis, sama seperti pendapat dalam kitab syarah al-‘ubab.
  Namun menurut kami untuk lebih ihtiyat atou menjaga kesucian maka setiap keputihan yang keluar dari batin dihukum najis, harus dicuci.

◾Sekian,,wallahu'alam◾