Jumat, 07 Desember 2018

ZULHIJJAH, INILAH KELEBIHAN DAN KEMULIAN BULAN INI




⚫tataislam.com -Salah satu nikmat yang Allah berikan kepada umat Islam adalah selalu diberikannya waktu-waktu terbaik untuk beribadah dan berdoa kepada Allah. Waktu tersebut terus berjalan dan berganti dengan waktu mustajabah yang lain. Setelah Ramadhan berlalu, Allah berikan bulan Syawal dimana di dalamnya disunnahkan puasa enam hari, dan sekarang masuk bulan Zulhijjah, di mana di bulan ini juga Allah berikan kelebihan yang besar SEPERTI yang tataislam.com kutib didalam Kitab Lataiful Maarif halaman 458 &469 & 471 cet Darul Ibnu Khatsir....
⚫Di antara hari-hari yang lebih dalam bulan Zulhijjah adalah sepuluh hari diawal bulan ini.


Dalam al-quran Allah juga bersumpah dengan malam sepuluh hari Zulhijjah, dalam al-Quran surat al-Fajr;

(والفجر . وليال عشر )

Demi fajar dan malam-malam yang sepuluh.

⚫Selain itu, sepuluh hari Zulhijjah juga merupakan bagian dari empat puluh hari yang Allah janjikan kepada Nabi Musa as dalam firmanNya;

وَوَاعَدْنَا مُوسَى ثَلاثِينَ لَيْلَةً وَأَتْمَمْنَاهَا بِعَشْرٍ فَتَمَّ مِيقَاتُ رَبِّهِ 👉👈أَرْبَعِينَ لَيْلَةً


⚫Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi) (Q.S. al-A’raf; 142)
 ⚫Selain juga juga merupakan penutup dari aiyam ma’lumat bagi musim haji yang Allah sebutkan dalam al-quran surat al-Baqarah ayat 197:

👉الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ👈

⚫Haji adalah beberapa bulan yang telah dimaklumi. (Q.S. al-Baqarah ayat 197).

Sepuluh Zulhijjah juga hari yang dimaksudkan dengan kata aiyam ma’lumat dalam surat al-Hajj ayat 28 sebagai hari yang dianjurkan untuk memperbanyak mengingat Allah sebagai jalan mensyukuri nikmat yang Allah berikan hewan-hewan ternak.

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ👈 👉الْأَنْعَامِ


➡dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. (Q.S. al-Hajj ayat 27)

➡Manyoritas ulama mengemukakan hari hari ma’lumat adalah hari sepuluh Dzulhijjah. Diantara para ulama yang berpendapat demikian Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Atha, Mujahid, Ikrimah, Qatadah, nakh’i, dan juga pendapat Imam Abi Hanifah, Imam Syafii dan Ahmad yang masyhur.



↪Dalam satu hadits Rasulullah bersabda: ↩


ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام"👈 يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: "ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجلا خرج 👉بنفسه وماله لم رجع من ذلك بشيء


◾Tiada hari dimana perbuatan terpuji saat itu lebih dicintai Allah dari pada ini hari yaitu sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: “ya Rasullah, tidak juga jihad?” Rasullah mejawab: tidak juga jihad di jalan Allah melainkan seorang laki-laki yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak kembali lagi”. (H.R. Imam Bukhari)



↪Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda;↩


ما من أيام أفضل عند الله من أيام عشر ذي الحجة فقال رجل :👈 يا رسول الله هو أفضل أم عدتهن جهاد في سبيل الله ؟ قال : 👉هو أفضل من عدتهن جهادا في سبيل الله


◾Tiada dari hari-hari yang afdhal disisi Allah melebihi sepuluh hari Zulhijjah, para shahabat bertanya; ya Rasulullah, itu lebih afdhal atau berjihad selama sepuluh hari di jalan Allah? Rasulullah menjawa; dia lebih afdhal dari berjihad dengan bilangannya (10 hari) di jalan Allah.

◾Hadist ini menunjuki bahwa beramal pada sepuluh Dzulhijjah Allah lebih cinta dari pada beramal pada hari-hari dunia tanpa ada pengecualian. Maka jika beramal pada hari tersebut lebih afdhal dan dicintai di sisi Allah maka amaliyah pada hari tersebut menjadi amal yang lebih utama dari amaliyah pada hari lain walaupun dengan amalan yang lebih sendiri.



↪Juga diriwayatkan dri Ibu Abbas dengan sanad yang dhaif;↩


↪و العمل فيهن يضاعف بسبعمائة↩



⚫Beramal pada hari-hari tersebut akan digandakan sebanyak 700 kali.



◾Ada beberapa riwayat yang berbeda-beda tentang kadar dilipatgandakan balasan amalan pada sepuluh zulhijjah. Dalam riwayat Imam Turmizi, Ibnu Majah, dari riwayat an-Nahhas dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabada ;


ما من أيام أحب إلى الله أن يتعبد له فيها من عشر ذي الحجة👈 يعدل صيام كل يوم منها بسنة و كل ليلة منها بقيام ليلة 👉القدر


◾Tiada dari hari yang lebih Allah cintai untuk beribadat daripada sepuluh Zulhijjah, puasa pada hari-hari tersebut sebanding dengan setahun, beribadat pada malamnya sebanding dengan beribadat pada malam Qadar”.



⚫Diriwayatkan oleh Tsuwair bin Abi Fakhimah dari Mujahid dari Ibnu Umar bahwa beliau berkata :


ليس يوم أعظم عند الله من يوم الجمعة ليس العشر فإن العمل👉👈 فيها يعدل عمل سنة


◾Tiada hari yang lebih besar di sisi Allah dari hari jum’at yang bukan dari sepuluh (Zulhijjah), karena beramal di sepuluh hari di bulan Zulhijjah sebanding dengan setahun.

◾Di riwayatkan oleh Abu Amr an-Naisaburi dalam kitab al-Hikayat dari Qatadan dan Ibnu Sirin keduanya berkata :

👉صوم كل يوم من العشر يعدل سنة👈




◾Berpuasa setiap hari di sepuluh (Bulan Zulhijjah) sebanding dengan setahun.




⚫Juga diriwayatkan dari Saidina Anas bin Malik; 


كان يقال في أيام العشر بكل يوم ألف يوم و يوم عرفة عشرة👉👈 آلاف

Ada yang mengatakan tentang sepuluh hari Zulhijjah bahwa untuk setiap harinya sebanding dengan seribu hari dan hari Arafah sebanding dengan sepuluh ribu.

⏩Selain itu banyak juga hadits yang menyebutkan kadar dilipatgandakan amalan di hari tersebut, namun banyak di antaranya merupakan hadits maudhu’ yang tidak layak untuk kita sebut.


Berkata Suhail dari ayahnya dari Ka’ab :


اختار الله الزمان و أحب الزمان إلى الله الأشهر الحرم و أحب 👈الأشهر الحرم إلى الله ذو الحجة و أحب ذي الحجة إلى الله 👉العشر الأول


◾Allah telah memilih waktu, dan waktu yang paling Allah cintai adalah bulan haram, dan dan bulan haram yang paling Allah cintai adalah bulan Zulhijjah dan hari-hari bulan Zulhijjah yang paling Allah cintai adalah sepuluh hari diawalnya.

◾Adapun anjuran untuk memperbanyak zikir pada hari-hari ini terdapat dalam al-Quran, firman Allah dalam surat al-Hajj ayat 28:

👉وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ👈



⚫dan mereka menyebut nama Allah pada hari-hari ma’lumat .


⚫Menurut jumhur ulama, maksud dengan hari ma’lumat itu adalah 10 hari di awal Zulhijjah.


Dalam satu Hadits Rasulullah SAW bersabda:


ما من أيام أعظم و لا أحب إليه العمل فيهن عند الله من هذه👉👈 الأيام العشر فأكثروا فيهن من التهليل و التكبير و التحميد

Tiada dari hari-hari besar dan yang lebih dicintai untuk beramal disisi Allah melebihi hari-hari sepuluh ini, maka perbanyaklah tahlil, takbir dan tahmid pada hari tersebut.(H.R. Imam Ahmad)


➰WALLAHU'LAM➰



ZAKAT FITRAH,,INILAH WAKTU MEMBAYARNYA...




⚫Zakat Fitrah merupakan salah satu kewajiban yang mesti ditunaikan oleh setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan setelah melalui bulan yang penuh berkah yaitu Ramadhan Mubarak dengan menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa.
 Dinamakan dengan zakat fitrah karena zakat ini wajib ditunaikan pada hari terakhir berbuka puasa di bulan Ramadhan atau yang biasa di sebut dengan malam hari Raya Fitri.
 ➡Zakat fitrah merupakan penempel bagi kekurangan puasa,sama halnya dengan sujud sahwi yang ada dalam shalat yaitu sebagai penempel sesuatu yang lupa. Demikian yang telah di jelaskan oleh guru dari imam Syafi’i’ Syaikh Waqi’ .


➡YANG MENIMBULKAN PERTANYAAN


➡Kapankah Zakat Fitrah ini ditunaikan..???


JAWABANNYA⚫⏩Boleh ditunaikan di hari pertama RamadhanWajib menunaikan Zakat Fitrah setelah terbenam matahari akhir bulan Ramadhan hingga sebelum terbenam matahari esoknya (hari raya pertama)

⚫Adapun yang lebih baik ditunaikan sebelum keluar untuk melaksanakan shalat 'iedMakruh bila ditunaikan setelah shalat 'ied, kecuali karena ozor seperti menunggu kerabat yang berhak menerima zakat atau seseorang yang lebih membutuhkanHaram jika menunda zakat fitrah melewati hari raya pertama⚫

TATAISLAM.COM  mengutip REFERENSI dalam sebuah kitab figh yaitu I’anatuth Thalibin, Juzu' 2 Halaman 174 Cetakan Haramain..berikut nas-nya


👈(قوله: نعم، يسن الخ) استدراك على كراهة التأخير (والحاصل) أن للفطرة خمسة أوقات: وقت جواز، ووقت وجوب، ووقت فضيلة، ووقت كراهة، ووقت حرمة.

🔚فوقت الجواز أول الشهر⚫

🔚ووقت الوجوب إذا غربت الشمس⚫


🔚ووقت فضيلة قبل الخروج إلى الصلاة⚫


🔚ووقت كراهة إذا أخرها عن صلاة العيد إلا لعذر من انتظار قريب⚫

🔚أو أحوج ووقت حرمة إذا أخرها عن يوم العيد بلا عذر ⚫


                ➰WALLAHU'LAM➰

SISWA BERQURBAN DENGAN CARA MENGUMPULKAN UANG,BEGINI HUKUMNYA


⚫Jauh-jauh hari sebelum bulan Dzulqa’dah tiba menyapa,banyak orang-orang yang mempunyai harta yang lebih atau bahkan masyarakat yang punya ekonomi rendah telah berencana untuk berqurban pada bulan mulia tersebut, karena selain membantu sesama, berqurban juga memperoleh pahala yang agung disisi Allah SWT.
⚫Niat yang mulia tersebut juga mengetuk hati kepala sekolah dan seluruh dewan guru serta staf SMA di Aceh. Mereka sepakat untuk mengumpulkan uang dengan jumlah tertentu yang memada untuk seekor hewan qurban. Dan untuk sekedar mengajarkan kebaikan kepada anak didiknya
⚫ kepala sekolah juga berinisiatif untuk mengutip iuran dari seluruh siswa yang mampu dengan masing-masing dari mereka wajib menyetor Rp20.000 kepada ketua kelas,yang nantinya uang tersebut akan digunakan untuk membeli hewan qurban berupa seekor lembu yang sudah memenuhi kriteria hewan qurban serta akan dibagi kepada siswa-siswa yang kurang mampu, juga masyarakat sekitar yang tergolong miskin melalui kupon yang telah disediakan oleh pihak sekolah.


➡Yang menjadi Pertanyaan,,
Apakah hewan yang dibeli dari uang iuran para siswa tersebut memadai sebagai qurban,mengingat seekor lembu hanya  untuk 7 orang saja...???


Jawabannya sebagai berikut;

👉Penyembelihan hewan tersebut tidak memadai sebagai qurban dan bisa tidak dinamakan dengan qurban karena tidak memenuhi syarat qurban. Namun mereka tetap mendapatkan pahala sedekah biasa bukan pahala qurban.

⚫Sebagaimana yang terdapat didalam kitab TuhfatulMuhtaj,Hasyiyah Syarwani juzu' 9 halaman 406 cetakan Darl al fikri
👈(قوله: بل ولو ذبحا عنهما شاتين إلخ)
 وكذا يقال فيما لو اشترك أكثر من سبعة في بقرتين مشاعتين أو بعيرين كذلك لم يجز عنهم
 ؛ لأن كل واحد لم يخصه سبع بقرة أو بعير من كل واحد من ذلك اهـ. مغني👉

⚫Juga terdapat didalam kitab I’anathul Al Thalibin juzu' 2 halaman 332 cetakan Haramain berikut nas kitabnya..

👈ولو اشترك أكثر من سبعة في بدنة لم تجزئ عن واحد منهم👉

➰WALLAHU'ALAM➰

Kamis, 06 Desember 2018

MUSIBAH,INI DOA YANG DIAJARKAN OLEH RASULULLAH









  www.tataislam.com - MUSIBAH merupakan cobaan Allah kepada hambaNya dalam bentuk perkara yang tidak disukai hamba namun Rida terhadap keputusan Allah tersebut karena mereka yakin kalau apa yang Allah berikan ialah yang terbaik buat mereka.

  Terlepas dari kepada siapa Allah memberikan musibah tersebut,tentu sebagai orang beriman yakin terhadap apa yang telah diajarkan Rasulullah kepada kita semua untuk bersabar terhadap musibah yang sedang menimpa.
   Berikut ini tataislam.com mengurai sedikit ulasan tentang anjuran berdo'a bagi orang_orang yang sedang tertimpa musibah berdasarkan hadits Rasulullah

⚫Dianjurkan bagi seseorang yang sedang ditimpa musibah, baik itu musibah pada dirinya sendiri,keluarga atau hartanya meskipun musibahnya ringan agar memperbanyak membaca:


⚫إنا لله وإنا إليه راجعون أللهم أجرني في مصيبتي واخلف ⚫علي خيرًا منها



⚫Yang Artinya"sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nyalah kami kembali,Ya Allah, berikanlah fahala (kesabaran)kepadaku terhadap musibah yang sedang menimpa diriku dan gantikanlah kebaikan kepadaku daripada musibah ini".

  Sebagaimana yang yang termaktub didalam kitab I'anah al Thalibin Juzu' 11, Halalaman 147 berikut nas-nya...
⚫ويتأكد لمن ابتلي بمصيبة - بميت، أو في نفسه، أو أهله، أو ماله، وإن خفت  أن يكثر إنا لله وإنا إليه راجعون اللهم أجرني في مصيبتي، واخلف علي خيرا منها⚫

⚫Karena Allah berjanji kepada siapa saja yang mau membaca do'a tersebut dikala musibah datang,bahwa rahmat dan kasih sayang senantiasa tercurah kepada mereka dan sesungguhnya mereka termasuk orang~orang yang mendapat petunjuk.Dan karena hadits riwayat Imam Muslim pun mengatakan bahwa siapa saja yang membaca do'a tersebut bahwa Allah pasti memberikan fahala dan menggantikannya dengan kebaikan.


 ⚫Ibn Khubair berpendapat bahwa khusus kepada umat ini (umatnya nabi Muhammad) diberikan sesuatu ketika musibah yang tak pernah diberikan kepada umat sebelumnya yaitu "Innalillah wa Inna Ilaihi raji'un". Bila memang do'a tersebut pernah diberikan kepada umat sebelumnya,sungguh Nabi Ya'qub AS akan mengucapkannya dan beliau tidak akan mengatakan perkataan


👈يآسفى على يوسف👉


⚫"Aduhai dukacitaku terhadap Yusuf". (QS 12: 84)⚫



 ⚫Dan Semoga Allah senantiasa menjadikan kita dalam golongan orang-orang yang bersabar dalam keadaan sempit dan menjadi orang~orang yang bersyukur dalam kesenangan dan kebahagiaan.


amin ya rabbal 'alamin.


Rabu, 05 Desember 2018

ANAK ZINA, NAFKAH-NYA SIAPA YANG TANGGUNG...????


 Belajarislam  ~sebagai contoh:Dua insan yang sudah saling mencintai, tidak heran bila rasa ingin selalu bersama, pernikahan sudah menanti mereka, namun ada satu hal yg tidak mereka sadari setelah dihantuni oleh hawa nafsu yg mendorong mereka untuk melakukan perbuatan zina.
   ternyata hal ini membuat mereka untuk tidak bersama lagi disebabkan telah hilangnya madu pada si perempuan. Namun beberapa bulan kemudian, Perempuan ini melahirkan anak hasil dari perzinaan mereka berdua.

Baca juga : beginilah Pengampunan Allah bagi pelaku zina yang bertaubat


yang menjadi Pertanyaan sekarang..

➡Bila anak yang terlahir dari hasil zina seperti deskripsi di atas, Siapakah yang bertanggung jawab terhadap nafqah anak tersebut, Apakah dibebankan terhadap Ibu atau lelaki yang menghamilinya..??

Sebelum menjawab alangkah baiknya kita baca dulu uraiannya seperti yang jelaskan dalam kitab Al-Mughni, Bairut-Dar al-Fikr sebagai berikut :

وَوَلَدُ الزِّنَا لَا يُلْحَقُ الزَانِــي فِي قَوْلِ الْجُمْهُورِ⚫

⚫“Menurut jumhur ulama anak zina tidak dinasabkan kepada lelaki pezina” (Al-Mughni, Bairut-Dar al-Fikr, juz, 7, h. 130)

⚫Namun menurut mayoritas fuqaha selain Imam Malik dan Imam Syafii, meskipun dianggap tidak memiliki pertalian darah, sang ayah biologis tetap diharamkan untuk menikahi anak tersebut.

⚫Sedangkan menurut Imam Malik dan Imam Syafii dalam pendapat yang masyhur di kalangan madzhabnya, boleh bagi laki-laki tersebut menikahi anak perempuan itu. Hal ini sebagaimana dilansirkan oleh Ibnu Qudamah dalam al-Mughni.

وَيَحْرُمُ عَلَى الرَّجُلِ نِكَاحُ ابْنَتِهِ مِنَ الزِّنَا وَاُخْتِهِ وَبِنْتِ ابْنِهِ وَبِنْتِ⚫ بِنْتِهِ وَبِنْتِ أَخِيهِ وَاُخْتِهِ مِنَ الزِّنَا فِي قَوْلِ عَامَّةِ الْفُقَهَاءِ وَقَالَ مَالِكٌ وَالشَّافِعِيُّ فِي الْمَشْهُورِ مِنْ مَذْهَبِهِ يَجُوزُ لَهُ لِاَنَّهَا اَجْنَبِيَّةٌ مِنْهُ وَلَا تُنْسَبُ إِلَيْهِ شَرْعًا وَلَا يَجْرِى التَّوَارُثُ بَيْنَهُمَا وَلَا تَعْتِقُ عَلَيْهِ إِذَا مَلَكَهَا وَلَا يَلْزَمُهُ نَفَقَتُهَا فَلَمْ تَحْرُمْ عَلَيْهِ كَسَائِرِ الْاَجَانِبِ

Kunjungi juga : tentang islam


⚫Artinya : Menurut mayoritas fuqaha, haram bagi lelaki menikahi anak perempuan yang dihasilkan dari perzinahan, saudara perempuannya, anak perempuan dari anak laki-lakinya, anak perempuan dari anak perempuannya, anak perempuan saudara laki-lakinya, dan saudara perempuanya. Sedangkankan menurut pandangan Imam Malik dan Imam Syafii dalam penda

Baca juga : akibat bagi pendosa

pat yang masyhur di kalangan madzhabnya, boleh bagi laki-laki tersebut menikahinya karena ia adalah ajnabiyyah (tidak memiliki hubungan darah), tidak dinasabkan kepadanya secara syar’i, tidak berlaku di antara keduanya hukum kewarisan, dan ia tidak bebas dari laki-laki yang menjadi ayah biologisnya ketika sang yang memilikinya sebagai budak, dan tidak wajib bagi sang ayah untuk memberi nafkah kepadanya. Karena, ia tidak haram bagi ayah biologisnya (untuk dinikahinya) sebagaimana perempuan-perempuan yang lain”. (Al-Mughni, Bairut-Dar al-Fikr, juz, 7, h. 485).

Baca juga : hukum menggauli istri lewat dhubur
⚫Referinsi : Ianat Attalibin Juz 2 Hal 335.

وشمل قوله من تلزمه نفقة فرعه أم ولد زنا فيندب لها أن تعق⚫ عنه لكن تخفيها خوف الهتيكة. إعانة الطالبين٢/٣٣٥

⚫Referinsi : Bajuriy Juz 2 Hal 111 Cet Haramain.

أما المخلوقة من ماء زنا شخص فتحل له على الأصح بدليل⚫ انتفاء سائر الأحكام عنها من إرث وغيره. الباجوري2/111


⚫bujairimi a'la khatib juz 2 hal 354 Maktaba Syamela

فرع: قال الصيمري: فطرة ولد الزنا على أمه إذ لا أب له كما⚫ تلزمها نفقته، وكذا من لاعنت فيه لذلك؛ فإن اعترف به الزوج لم ترجع الأم عليه بما أدته من فطرته كما لا ترجع عليه بما غرمته من نفقته. وكأن وجهه أنه حال إخراج الفطرة والإنفاق كان منفيا عنه ظاهرا ولم يثبت نسبه إلا من حين استلحاقه، ثم رأيته علل بأن ذلك منها على سبيل المواساة؛ وقضيته أنه لو كان بإجبار
حاكم رجعت وهو محتمل،. اهـ. عبوشرحه ح

⚫jadi mengenai pertanyaan di atas Jawabannya ialah:

➡Yang bertanggung jawab penuh atas Nafqah anak itu adalah si ibu bukan laki laki yang menghamilinya karena tidak ada hubungan nasab antara mereka, Bahkan menurut pendapat dari jumhur kalangan Syafi’I laki-laki ini halal menikahi anak tersebut. Dalam hal ini agama membebankan nafqah kepada ibu, karena laki laki tersebut bukan ayah secara hakiki dalam pandangan islam, bayi yang lahir itu juga bukan anaknya secara hakiki, maka pantas nafqah tidak wajib atasnya.


👉Wallahua'lam👈

Selasa, 04 Desember 2018

kaza hajat inilah adab yang sering dilupakan,padahal manfaanya begitu besar



 ➡Islam merupakan agama yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, baik dalam hal ibadah,muamalah hingga qadha hajat diatur dalam islam, qadha hajat mempunyai adab adab dan etika tersendiri,yang hukumnya sunnah untuk dikerjakan, dan mendapat pahala bagi pelakunya.
Banyak yang bertanya Bagaimanasih adab-adab dalam melakukan qadha hajat..???
➡Jawabannya dibawah ini seperti yang tertera didalam kitabb Fathul Mui’n Juzu' pertama  halaman 110-111 Dan Kitab Fathul Qarib Juzu' pertama halaman 60 sampai 66 Haramain

⚫Hal Yang diwajibkan Pada saat qadha hajat (kencing dan berak) adalah istinjak atau membersihkan semua bagian yang terkena najis baik dengan air maupun dengan tiga batu yang akan membersihkan najis tersebut namun jika seseorang memilih antara batu atau air maka air terlebih baik karena air bisa membersihkan ii’n najis, Dan yang terlebih afdhal(baik) lagi jika seseorang memakai tiga batu kemudian dilajutkan dengan memakai air...


pertama⚫ Masuk ke jamban dengan kaki kiri
➡ke 2⚫ Membaca doa masuk jamban berikut doanya..
👈اَلَّلهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ👉
⚫Artinya;Ya Allah sesungguhnya aku memohon perlindungan pada MU dari-pada setan laki-laki dan setan perempuan.

➡ke ke 3⚫Membaca doa keluar jamban,berikut doanya..

👈اَلَّلهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِي مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِي مِنَ اْلفَوَاحِشِ👉
⚫yang Artinya ; Ya Allah sucikanlah hatiku dari kemunafikan dan lindungi kemaluanku dari keburukan (Zina).

ke 4⚫ Tidak memasukkan lafaz yang mulia seperti quran dan nama Allah

➡ke 5⚫Haram Menghadap kiblat dan membelakanginya pada tempat terbuka jika tidak ada penghalang yang tingginya 2/3 hasta (Sekitar 15 Cm).
➡ke 6⚫ Tidak berbicara pada qada hajat kecuali jika ada hajat.
➡ke 7⚫ Tidak qadha hajat di dalam air yang tenang.
➡ke 8⚫Tidak qadha hajat di bawah pohon berbuah walaupun belum berbuah.
➡ke 9⚫ Tidak menghadap dan membelakangi bulan maupun matahari.
➡ke 10⚫ Tidak qadha hajat pada tempat perkumpulan manusia.
➡ke 11⚫ Tidak qadha hajat pada tempat naungan atau tempat berteduh manusia.
➡ke 12⚫ Tidak qadha hajat pada jalan tempat lalu-lalang manusia.
➡ke 13⚫ Tidak melihat kepada najis yang sedang keluar.
ke 14⚫ Tidak melihat kemaluan.
➡ke 15⚫ Tidak melihat ke arah atas.
➡ke 16⚫ Tidak melihat ke kanan dan kiri.
➡ke 17⚫ Tidak mengerak-gerak tangannya.
➡ke 18⚫ Menjahui dari manusia supaya tidak terdengar suara keluarnya najis.
➡ke 19⚫ Menutup hidung supaya tidak mencium bau najis.
➡ke 20⚫ Tidak nampak dilihat oleh manusia maupun hewan seperti kucing.
➡ke 21⚫ Tidak qadha hajat pada tempat yang kencang tiupan angin karena menyebabkan was-was.
➡ke 22⚫Tidak kencing sambil berdiri.
➡ke 23⚫ Tidak membuka kepala.
➡ke 24⚫Mengangkat pakaiannya supaya tidak terkena najis.
➡ke 25⚫Sunnah duduk di atas kaki kiri supaya mudah keluar kotoran.

 Dan masih banyak lagi adab_adab qaza hajad yang laen terdapat dalam kitab~kitab fiq'h yang mu’tabar...


Senin, 03 Desember 2018

INILAH ZIKIR PENYELAMAT IMAN YANG HARUS DIAMALKAN




📥 ketakutan yang sangat besar bagi orang~orang yang beriman ketika mati imannya tidak selamat,Oleh karena demikian istiqamahlah diri kita agar selalu bertaubat dan mintak ampun kepada allah swt,menangisi dosa dan merendahkan diri, serta menghidupkan waktu malam-malammu dengan memperbanyak sujud(shalat) zikir kepada Allah. Sehingga ketika kita meninggal insya allah selamat iman,berikut ini amalan dzikir yang dapat menyelamatkan iman kita ketika meninggal insya allah..


👈استغفر الله العظيم الذي لا اله الا هو الحي القيوم واتوب اليه ×3


👈أَللّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَاِلَيْكَ يَعُوْدُالسَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالاِكْرَامِ3x

Kemudian membaca اية كرسي

👈اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

👈آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ , لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ .

👈شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ , إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

👈قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ , تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ.


بسم الله الرحمن الرحيم
👈قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ,اللَّهُ الصَّمَدُ ,لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ, وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ


بسم الله الرحمن الرحيم
👈قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5


بسم الله الرحمن الرحيم
👈قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6

👈بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (1) الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (2) الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (3) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (4) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5) اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7



Kelebihannya barang siapa yang mau menjadikan zikir ini dibaca rutin sesudah shalat lima waktu maka insya Allah akan selamat imannya(meninggal dalam husnul khatimah).


Amin ya rabbal 'alamin.

POLIGAMI,BEGINI ketentuan dalam mazhab syafie

KETIKA Berpoligami, Haruskah Seorang Suami Minta Izin Pada Istrinya?
 ⚫Poligami merupakan satu permasalahan tersendiri bagi pasangan suami istri. Seorang istri biasanya tidak akan rela berbagi suami dengan perempuan lain. Ini wajar mengingat rasa cemburu dari seorang perempuan.
  ⚫Poligami merupakan permasalahan umat yang tidak pernah selesai, selalu saja terjadi pro dan kontra hingga sekarang, sebagian ada yang menol

aknya dengan dalih kesetiaan cinta, ada juga yang mendukungnya karena ingin punya istri tiga, ada pula yang netral tidak mempedulikannya, namun bagaimanakah aturan poligami menurut hukum islam? Ada sebagian kalangan mengatakan bahwa suami hanya boleh berpoligami setelah adanya restu dan izin dari istri pertama,Benarkan demikian..???

JAWABAN YANG TERTERA DIDALAM KITAB Fiqh islami wa adillatuhu halaman  6670 juzu' 9 cetakan dar al fikr,berikut nas kitabnya,,⤵


قيود إباحة التعدد

اشترطت الشريعة لإباحة التعدد شرطين جوهريين هما


{1}

 توفير العدل بين الزوجات: أي العدل الذي يستطيعه الإنسان 👈ويقدر عليه، وهو التسوية بين الزوجات في النواحي المادية من نفقة وحسن معاشرة ومبيت، لقوله تعالى: {فإن خفتم ألا تعدلوا فواحدة، أو ما ملكت أيمانكم، ذلك أدنى ألا تعولوا} [النساء:3/ 4] فإنه تعالى أمر بالاقتصار على واحدة إذا خاف الإنسان الجور ومجافاة العدل بين الزوجات.

وليس المراد بالعدل ـ كما بان في أحكام الزواج الصحيح ـ هو التسوية في العاطفة والمحبة والميل القلبي، فهوغير مراد؛ لأنه غير مستطاع ولا مقدور لأحد، والشرع إنما يكلف بما هو مقدور للإنسان، فلا تكليف بالأمور الجبلِّية الفطرية التي لا تخضع للإرادة مثل الحب والبغض.

ولكن خشية سيطرة الحب على القلب أمر متوقع، لذا حذر منه الشرع في الآية الكريمة: {ولن تستطيعوا أن تعدلوا بين النساء، ولو حرصتم، فلا تميلوا كل الميل، فتذروها كالمعلقة} [النساء:129/ 4] وهو كله لتأكيد شرط العدل، وعدم الوقوع في جور النساء، بترك الواحدة كالمعلقة، فلا هي زوجة تتمتع بحقوق الزوجية، ولا هي مطلقة. والعاقل: من قدَّر الأمور قبل وقوعها، وحسب للاحتمالات والظروف حسابها، والآية تنبيه على خطر البواعث والعواطف الداخلية، وليست كما زعم بعضهم لتقرير أن العدل غير مستطاع، فلا يجوز التعدد، لاستحالة تحقق شرط إباحته.


{2}



 القدرة على الإنفاق: لا يحل شرعاً الإقدام على الزواج، سواء👈 من واحدة أو من أكثر إلا بتوافر القدرة على مؤن الزواج وتكاليفه، والاستمرار في أداء النفقة الواجبة للزوجة على الزوج، لقوله صلّى الله عليه وسلم: «يا معشر الشباب، من استطاع منكم الباءة فليتزوج ... » والباءة: مؤنة النكاح.

حكمة تعدد الزوجات:👈


إن نظام وحدة الزوجة هو الأفضل وهو الغالب وهو الأصل شرعاً، وأما تعدد الزوجات فهو أمر نادر استثنائي وخلاف الأصل، لا يلجأ إليه إلا عند الحاجة الملحة، ولم توجبه الشريعة على أحد، بل ولم ترغب فيه، وإنما أباحته الشريعة لأسباب عامة وخاصة.







👉Dalam mazhab Syafii, terdapat dua ketentuan penting untuk seorang suami boleh melakukan poligami antara lain sebagai berikut;

➡Pertama ⚫Dapat berlaku adil diantara istri-istrinya. Pengertian adil disini adalah adil yang sanggup dilakukan oleh seorang suami dalam kapasitasnya sebagai manusia, yaitu adil dalam masalah belanja, nafakah dan giliran bermalam, jika seseorang memberikan belanja lima puluh ribu perhari kepada istri pertama, maka ia juga harus memberikan nilai yang sama kepada istri yang kedua, demikian juga jika ia bermalam selama seminggu dirumah istri pertama, hal yang sama juga ia lakukan pada istri yang kedua, Inilah yang dimaksud adil dalam hal poligami, bukanlah adil yang dimaksud adalah adil dalam hal cinta, kasih sayang dan kekecenderungan hatinya, Tidak masalah jika seorang suami lebih mencintai istri pertamanya dari istri kedua. Yang demikian tidak akan membuat suami tidak adil.

➡Kedua⚫Mampu dalam hal nafakah. Nafakah atau biaya ketika atau sesudah nikah merupakan hal yang harus dipenuhi oleh suami ketika ingin melanjutkan pernikahan, karena semua biaya hidup istri adalah tanggung jawab suami setelah terjadinya ijab kabul antara suami dan wali. Namun demikian, nafakah yang dimaksud disini adalah kebutuhan pokok istri menurut status sosialnya,

  ⚫dari dua poin di atas bisa disimpulkan jika seorang suami tidak wajib meminta izin istri pertamanya untuk berpoligami dengan catatan ia memenuhi dua syarat di atas, dapat berlaku adil dan adanya nafakah pernikahan. Bahkan ia boleh saja berpoligami tanpa sepengetahuan istrinya, karena seorang laki laki boleh menikahi sampai dengan empat istri selama ia bisa berlaku adil antara mereka.
   ⚫Namun perlu diketahui, dua hal diatas bukanlah syarat untuk sah poligami. Maka pernikahannya dengan istri keduanya tetap sah walaupun ia tidak mampu bersikap adil dan tidak memiliki nafakah, hanya saja ia berdosa dengan sebab tidak adil. Karena dua hal diatas adalah kewajiban suami, artinya bila ia tidak adil maka ia akan berdosa dan bila ia tidak mampu memberi nafakah lahir maka istrinya boleh saja menfasakhnya.
  ⚫Sama halnya dengan suami yang hanya memiliki satu istri. Ia wajib bergaul dengannya dengan baik dan memberikan nafakah. Namun bukan berarti bila ia tidak punya nafakah, serta tidak mampu bergaul dengan baik dengan istrinya maka nikahnya tidak sah.


wALLAHUA'LAM



Sabtu, 01 Desember 2018

WANITA SEDANG HAID,MENETAP DALAM MESJID,BEGINI HUKUMNYA.



👣Berangkat dari salah pemahaman dalam membaca salah satu I’barah kitab,maka tataislam ingin meluruskan permasalahan bagi wanita yang sedang datang bulan atau haid untuk menetap dalam mesjid serta bagaimana hukum wanita tersebut menetap dalam mesjid jika ia memakai pembalut dan tidak dikhawatirkan akan mengotori mesjid...berikut uraiannya...⤵⤵

➡Dalam kitab syarah Ibnu Qasim juzu' 1 halaman 114 Cetakan Haramain
👈(و) الخامس (دخول المسجد) للحائض ان خافت تلويثه)👉
➡Dan Dalam Kitab Hasyiah Al-bajuri Juzu'1 Halaman 114 ~115 Cetakan Haramain
👈(قوله والخامس دخول المسجد)  ولو لمجرد العبور لغلط حدثها وبهاذا فارقت الجنب حيث لم يحرم في حقه مجرد العبور واما المكث فحرام عليهما ومثله التردد لقول صلى الله عليه وسلم لااحل المسجد لحائض ولا لجنب روه ابو داود عن عائشة👉

➡⚫Sehingga timbul Pertanyaan Bagaimana wanita sedang haid menetap dalam mesjid jika ada pembalut.. ?? Dan Bagaimanakah pemahaman matan kitab di atas..???

⏩Jawabannya sebagai berikut ..:⏪

➡Haram bagi wanita berhaid atau mentruasi menetap atau masuk dalam mesjid walapun ada pembalut atau tidak khawatir mengotori mesjid.
 ➡haram bagi wanita berhaid masuk ke mesjid jika ia khawatir akan mengotori mesjid. Masuk artinya melewati dari satu arah pintu ke pintu arah yang lain, maka haram jika akan mengotori mesjid, namun jika sampai menetap atau lalu lalang dari pintu yang searah maka hukumnya haram baik dikhawatirkan mengotori mesjid atau tidak mengotori, baik ada pembalut atau tidak ada. Lebih-lebih jika duduk di dalamnya,  Seperti matan kitab dan hadis di atas (tidak halal menetap dalam mesjid bagi wanita berhaid dan bagi orang berjunub)⏪


⏩KESiMPULKANNYA⏪


➡Bagi wanita berhaid haram  masuk mesjid atau lalu lalang  dari pintu yang bersamaan arah jika khawatir mengotorinya.


JAWABAN DIATAS DAPAT DILIHAT DALAM KITAB⚫⚫ ⤵

pertama  ⚫Minhaj at-Thalibin Hal.7 Cetakan Haramain
👈وَيَحْرُمُ بِهِ مَا حَرُمَ بِالْجَنَابَةِ، وَعُبُورُ الْمَسْجِدِ إنْ خَافَتْ تَلْوِيثَهُ، وَالصَّوْمُ، وَيَجِبُ قَضَاؤُهُ، بِخِلَافِ الصَّلَاةِ، وَمَا بَيْنَ سُرَّتِهَا وَرُكْبَتِهَا، وَقِيلَ: لَا يَحْرُمُ غَيْرُ الْوَطْءِ، فَإِذَا انْقَطَعَ لَمْ يَحِلَّ قَبْلَ الْغُسْلِ غَيْرُ الصَّوْمِ، وَالطَّلَاقِ👉

➡ke 2⚫Hasyiah Ia’natu Thalibin Juzu' I
👈ويحرم بنحو الحيض أيضا العبور في المسجد إن خافت تلويثه، فإن أمنته جاز لها العبور كالجنب، مع الكراهة ومباشرة ما بين سرتها وركبتها والطلاق فيه إذا كانت موطوءة👉

ke 3 ⚫Kanzul Ragibin Juzu' I Halaman 114 Cet.Darul Fikri
👈( وَيَحْرُمُ بِهِ ) أَيْ بِالْحَيْضِ ( مَا حَرُمَ بِالْجَنَابَةِ ) مِنْ الصَّلَاةِ وَغَيْرِهَا ( وَعَبُورُ الْمَسْجِدِ إنْ خَافَتْ تَلْوِيثَهُ )👉

ke 4 ⚫Syarah Qulyubi Juzu' I Halaman. 114 Cet.Darul Fikri
👈قَوْلُهُ : ( وَعُبُورُ الْمَسْجِدِ إنْ خَافَتْ تَلْوِيثَهُ ) الْمُرَادُ بِالْخَوْفِ مَا يَشْمَلُ التَّوَهُّمَ ، وَأَمَّا عُبُورُ غَيْرِ الْمَسْجِدِ كَالرِّبَاطِ ، وَمِلْكِ الْغَيْرِ فَإِنَّمَا يَحْرُمُ مَعَ الظَّنِّ ، وَيُكْرَهُ لَهَا عُبُورُ الْمَسْجِدِ مَعَ الْأَمْنِ لِغِلَظِ حَدَثِهَا ، وَلِذَلِكَ كَانَ خِلَافَ الْأَوْلَى فِي الْجُنُبِ 👉

ke 5⚫Hasyiah Al-bajuri Juzu' 1 Halaman114-115 Cet.Haramain
👈(قوله والخامس دخول المسجد)  ولو لمجرد العبور لغلط حدثها وبهاذا فارقت الجنب حيث لم يحرم في حقه مجرد العبور واما المكث فحرام عليهما ومثله التردد لقول صلى الله عليه وسلم لااحل المسجد لحائض ولا لجنب روه ابو داود عن عائشة👉

 ➰WALLAHUA'LAM

DOA DALAM MAJLIS




➡Kafaratul Majelis adalah
 suatu majelis perkumpulan baik musyawarah,diskusi ilmu dan sebagainya, maka Rasulullah SAW telah mengajarkan kita tatacara etika dalam majelis tersebut, mulai dari memulai suatu majelis hingga penutupannya, hal ini bukan sekedar membangun etika melainkan menjadi amal tersendiri yang sangat banyak pahala disisi Allah SWT. Diantaranya ada doa-doa yang diajarkan Rasulullah SAW.
Sunat bagi seseorang yang pindah dari suatu tempat kepada tempat yang lain supaya membaca zikir apa saja, sehingga makruh bagi seseorang jika tidak melakukan hal ini seperti yang tedapat didalam kitab Ia’natu Thalibin Juzu' 2 halaman .83-84 cetakan Haramain,berikut nas kitabnya⚫⚫⤵⤵
(قوله ولمن قعد في مكان إلخ) أي ويكره لمن قعد في مكان أن يفارقه قبل أن يذكر الله فيه لما روي عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ما من قوم يقومون من مجلس لا يذكرون الله تعالى فيه إلا قاموا عن مثل جيفة حمار وكان لهم حسرة وعنه أيضا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال من قعد مقعدا لم يذكر الله تعالى فيه كانت عليه من الله ترة وهي بكسر التاء وتخفيف الراء ومعناه نقص وقيل تبعة وقيل حسرة وعنه أيضا عن النبي صلى الله عليه وسلم قال ما جلس قوم مجلسا لم يذكروا الله تعالى ولم يصلوا على نبيهم فيه إلا كان عليهم ترة فإن شاء عذبهم وإن شاء غفر لهم وعنه أيضا قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من جلس في مجلس فكثر فيه لغطه فقال قبل أن يقوم من مجلسه ذلك سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك إلا غفر له ما كان في مجلسه ذلك وفي حلية الأولياء عن علي رضي الله عنه قال من أحب أن يكتال بالمكيال الأوفى فليقل في آخر مجلسه أو حين يقوم سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين



baca juga; problema sosial begini cara mengatadinya




baca juga: hukum haji ,umrah menggunakan harta haram.


baca juga; kenak sihir,santet guna-guna begini cara mengatasinya


baca juga; wanita yang cantik,inilah dia



baca juga; memilih jodoh, begini caranya



Dan di perkuat lagi berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah R.A seperti yang terdapat dalam di atas...
👈قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ما من قوم يقومون من مجلس لا يذكرون الله تعالى فيه إلا قاموا عن مثل جيفة حمار وكان لهم حسر👉
➡Artinya : Rasulullah SAW bersabda tidak dari kaum yang berpindah dari suatu tempat ketempat yang lain yang tidak membaca zikir, maka seolah-olah ia berpindah dari bangkai keledai dan ia mendapat suatu kerugian.

👈وعنه أيضا عن النبي صلى الله عليه وسلم قال ما جلس قوم مجلسا لم يذكروا الله تعالى ولم يصلوا على نبيهم فيه إلا كان عليهم ترة فإن شاء عذبهم وإن شاء غفر لهم👉



➡Artinya : Tidaklah suatu majelis yang tidak diakhiri dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, niscaya ia mendapat kerugian di sisi Allah SWT, jika Allah menghendaki meng-azabnya atau mengampuninya


➡Diriwayatkan juga dari Abu Hurairah RA pula barang siapa membaca doa ketikah selesai dari suatu majelis niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya, doanya ialah :


👈سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك👉


  


➡"Maha suci Allah, Ya Allah dengan kepujianMU, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selainMU dan aku meminta ampun dan bertaubat kepadaMU"


➡Dan barang siapa ingin mendapatkan timbangan pahala kebaikan dari suatu majelis maka hendaklah mengakhiri majelis dengan membaca doa;

👈سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين👉
➡"Maha suci tuhanmu,Tuhan yang mempunyai kemegahan dengan sifatnya, serta salam kepada para RasulNYA dan segala puji bagi Allah tuhan sekalian alam"

👉WALLAHUAKLAM👈