Senin, 12 November 2018

Orang yang meliliki nalar yang kuat,apakah termasuk anda..???



  💡Firasat adalah suatu kemampuan dari dalam diri seseorang untuk merasakan apa yang akan terjadi i dalam kehidupannya.
t

   Tidak semua orang mempunyai Firasat tinggi dalam dirinya, menurut Ibnu Mas’ud,di dalam Terjemahan Qishasul ambia,
ada tiga orang yang mempunyai firasat yang sangat tajam,yaitu ;
👉1, Raja mesir ketika berkata kepada istrinya (berikanlah kepadanya tempat dan layanan yang baik)[QS;yusuf 21]
👉2, Wanita yang mengatakan kepada ayahnya mengenai keberadaan nabi musa AS [QS;Al-Qashash]
👉ke3, Abu bakar shiddiq RA ketika ia meminta Umar bin khattab RA untuk menggantikan dirinya sebagai khalifah

↘WALLAHUA'LAM↙

Minggu, 11 November 2018

masalah kehidupan,,??? begina cara atasinya.


  💪Setiap orang berharap menginginkan kebahagian.karena Kebahagiaan merupakan harapan setiap insan.Banyak yang beranggapan bahwa setiap keinginan yang timbul dari hati akan menjadi sebuah kebahagiaan hidup bila terpenuhi.Terkadang Allah mengabulkan apa yang timbul dari benak hati manusia, namun kadangkala Allah tidak memberi apa yang kita inginkan, bahkan Allah bisa memberikan sesuatu yang bertolak belakang dengan harapan manusia itu sendiri.
  👉Namun demikian, walaupun harapan tidak sesuai dengan kenyataan,bersyukur ialah jalan yang harus tetap ditempuh.Memang pada satu sisi Allah tidak mengabulkan harapan manusia tersebut,mungkin Allah memberikan apa yang lebih dibutuhkan,walaupun apa yang seseorang alami merupakan sebuah kesusahan menurut sudut pandangannya.
   👉Salah satu hal yang mesti selalu ditempuh oleh setiap manusia adalah tetap berbaik sangka kepada orang lain dan menghilangkan sifat suuzzan(buruk sangka,sebab lumrahnya apa yang ditanam maka itulah yang akan di petik,apa yang telah dikerjakan,dari situlah akan beroleh balasan.
  👉Masalah yang dialami oleh manusia bukan hanya sekedar penyebab yang membuat hati menjadi gundah dan gelisah seperti apa yang kita pikirkan.Namun dibalik itu,masalah merupakan sebuah peristiwa yang membuat pribadi seseorang menjadi lebih dewasa.
   👉Burung hidup diudara,namun dengan udara burung pun bermasalah,Ikan hidup diair,namun dengan air ikan dalam masalah,Manusia hidup dalam masalah,tapi dengan masalahlah manusai berubah menjadi lebih dewasa...

      👉 WALLAHUA'LAM👈

Sabtu, 10 November 2018

Duduk Bersama Orang Alim,inilah keistimewaannya


   Ada ban
yak kelebihan bagi seorang yang menuntut ilmu pengetahuan agama seperti didalam Hadits dibawah ini yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah Nomor 219 berikut lafaznya;
👈عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ طَالِبَ الْعِلْمِ يَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ حَتَّى الْحِيتَانِ فِي الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ إِنَّ الْعُلَمَاءَ هُمْ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ👉
Yang artinya sebagai berikut;🔎Dari Abu Darda ''Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda;
Barangsiapa melalui satu jalan untuk mencari ilmu, Allah akan permudahkan baginya jalan menuju syurga.
Para Malaikat akan membentangkan sayapnya kerana redha kepada penuntut ilmu.
➡Penghuni langit dan bumi hingga ikan yang ada di dalam air mendoakan keampunan kepada penuntut ilmu.
Sesungguhnya, keutamaan seorang alim dibanding dengan seorang ahli ibadah adalah ibarat bulan purnama atas semua bintang.
Sesungguhnya para ulama adalah pewaris para Nabi, dan para Nabi tidak mewariskan dinar mahupun dirham, akan tetapi mereka mewariskan ilmu.
Barangsiapa mengambilnya, maka ia telah mengambil bahagian yang sangat besar⚫🔍
    Bahkan kelebihan dalam menuntut ilmu tak hanya di dapatkan oleh penuntut ilmu agama saja, melainkan juga didapatkan oleh seseorang yang duduk di dekat penuntut ilmu agama islam.
   Didalam satu kitab yang bernama Bujairimi 'Alal khatib disebutkan,bahwa seseorang yang duduk disisi orang alim,sedangkan dia tidak mampu menghafal ilmu darinya, maka baginya itu mendapatkan 7 macam kemulian,berikut ulasanya⤵

👉1.Mendapati kelebihan orang-orang yang belajar,Meskipun ia hanya duduk disamping seorang yang alim, dan tidak belajar darinya, namun dia tetap dikatakan sebagai seseorang yang belajar dan mendapatkan kelebihan-kelebihan orang-orang yang sedang belajar.
👉ke 2. Tercegah dari segala macam dosa selama duduk disisi orang alim tersebut,Setiap manusia pasti melakukan dosa dalam kehidupannya. Dosa tersebut ada yang dosa kecil maupun dosa yang besar. Bahkan, tidak mengingat Allah juga merupakan dosa bagi orang-orang tertentu seperti para Nabi dan Rasul. Nah, kalau kita mau duduk disisi orang alim, maka akan terhalang dari kemungkinan berbuatnya dosa.
👉ke 3.Apabila keluar dari tempat itu untuk mencari ilmu, maka akan turun rahmat kepadanya.
Dalam setiap gerak langkahnya, ia juga akan mendapatkan rahmat, yaitu ketika berangkat dari tempat duduknya bersama orang alim tersebut untuk mencari ilmu pengetahuan.
👉ke 4.Apabila duduk di halaqah ilmu, dan turun rahmat kepada mereka, maka dia juga mendapatkan bagian rahmat itu.
Rahmat yang turun kepada majlis yang mencari ilmu, juga akan turun kepadanya, meskipun dia tidak sedang belajar, hanya duduk saja.

👉Ke 5.Selama ia mendengar, dituliskan sedang mengerjakan perbuatan taat baginya.
Yang terpenting, ia harus selalu mendengar apapun ilmu pengetahuan yang mungkin disampaikan oleh seorang alim tersebut. Karna hanya mendengar saja, itu telah tercatat sebagai perbuatan taat baginya.

👉ke 6.Apabila ia mendengar, namun berkecil hati karna tidak memahaminya, maka jadilah kesedihan hatinya itu sebagai perantara kepada hadirat Allah swt. 
ketika tidak memahami pelajaran yang disampaikan, Allah ta'ala tidak meninggalkan kita. Allah akan memberikan kelebihan kepada orang-orang yang bersedih ketika tidak mampu memahami pelajaran. Kesedihan di hatinya akan menjadi perantara bagi dirinya kepada hadirat Allah swt.

👉ke7.Dia akan menyadari bahwa orang-orang muslim akan memuliakan orang alim dan orang-orang muslim akan mencela orang fasiq. Karenanya, hatinya akan condong kepada ilmu dan menjauhi kefasiqan

MEMELIHARA BINATANG ,APAKAH HUKUMNYA..???

  ↘banyak dikalangan kita yang punya hobi suka memelihara binatang~binatang tertentu seperti harimau,singa,ular , kucing dll tetapi umumnya peliharaan yang paling banyak diminati dan di jumpai adalah burung,apa karena memiliki suara dan kicauan yang merdu serta mempunyai bulu~bulu yang cantik dan menggoda sehingga banyak yang memeliharanya.
  ⚫tapi Pada kenyataan burung tersebut pun kita lihat dikurung dalam sangkar sehingga dibatasi kebebasannya,yang menjadi pertanyaan di khalayak ramai sekarang apakah boleh bagi kita ummat muslim mengurung dan membatasi serta memelihara berung~burung yang kita sukai..???
  ↘JAWABANNYA ada dalam kitab fiqh Hasyiyah Qulyubi Wa Amirah cetakan haramain juz'uk 4 halaman 95 berikut ini nas~kitab nya;↩له حبس حيوان ولو لسماع صوته او التفرج عليه او نحو كلب للحاجة اليه مع اطعامه↪
 ➡Yang artinya; Boleh seseorang menahan(memelihara) hewan walau hanya sekedar mendengar suaranya atau gemar dan senang melihatnya,atau menahan anjing untuk suatu kebutuhan dengan catatan hewan tersebut diberi makan atau umpan sesuai kebutuhannya.
 ⏩Ternyata pertanyaan netizen duluan para ulama sudah menjawab persoalan ini jauh~jauh hari dalam kitab~kitab fiqih muktabarah mereka sehingga mereka berkata boleh jika seandainya seseorang memelihara dan membatasi kebebasan burung/unggas yang dipeliharanya dengan catatan selalu memberikan makan dan minum atau umpan pada saat waktunya.
  Seterusnya didalam kitab Syarah Al-Iqna pengarang Syaikh Khatib Syarbaini bairut juzu'k 5 halaman 90 cetakan darul kutub ilmiyah disebutkan sebagai berikut;
🔎سئل القفال عن حبس الطيور في اقتناص لسماع اصواتها او غير ذلك,فاجاب بالجوازاذا تعهد ها مالكها بما يحتاج اليه لانها كالبهيمة تربط🔎
  ➡IBNU Quffal ditanyakan tentang persoalan burung yang dikurung dalam sangkar yang hanya untuk didengarkan kicauannya atau lainnya,maka beliau menjawab boleh jika pemiliknya memperhatikan sesuatu yang dihajatkan burung tersebut(umpan/makanan) karna persoalan itu sama halnya persoalan binatang yang diikat.
  ☝oleh karena demikian Maka dari situlah dapat saudara ambil kesimpulan bahwa boleh memelihara burung dengan tujuan yang mubah dengan catatan sealalu memperhatikan makannya...

👉WALLAHHUA'LAM👈

Jumat, 09 November 2018

TIPS IBADAH MINUM KOPI,BEGINI CARANYA


   ⏩kopi dan teh tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat kita khususnya di dunia pendidikan pesantren dan begitu pula kopi dan teh sering di sajikan di majelis pengajian khususnya di Indonesia.

  ⏩bahkan di dalam suatu makalah Habib Ahmad Bin hasan Alattas mengatakan bahwa Said Ahmad bin Ali Bahri Alqadimi beliau pernah berjumpa sama baginda nabi Muhammad saw,Beliau Sayyid mengatakan kepada nabi SAW, ya Rasulullah saya mau mendengarkan hadis langsung sama engkau tanpa perantara maka nabi menjawab saya akan memberikan Engkau tiga hadist salah satunya:⤵⤵⤵
👈مازال ريح قهوة البن في الإنسان تستغفرله الملائكة👉malaikat akan senatiasa memohon ampun untuk orang yang selalu beraroma kopi di mulutnya⏪
  ➡Para ilmuan meneliti dan mengemukakan bahwa minuman kopi juga berkhasiat dan berenergi,disamping itupula kopi mempunyai aroma yang menarik juga mempunyai cita rasa tersendiri apalagi kopi aceh yang saat ini sudah terkenal di UNI EROPA Sejarah mencatat bahwa kopi pertama kali di temukan oleh bangsa Etophia yang bertempat di benua Afrika kurang lebih pada tahun 1000 M. 
   ➡Yang menjadi pertanyan Bagaimanasih niat yang di anjurkan dan menikmati kopi dan teh..???
Jawabannya ▫yang disebutkan dalam kitab Anniyat halaman 136 Cetakan Darul shalih mesir karangan Alhabib Sa’ad Muhammad bin Alawy Al Aidarusy Alhadramy wafat pada tahun 1432 hijriah
   Didalam kitab tersebut Disebutkan bahwasanya niat minum kopi dan teh ada 4 macam
↪Pertama Mengikuti perbuatan sebahagian ulama salaf dalam minum kopi dan teh 4 
↪ke 2, Sebagai pembangkit dalam menjalani ibadah 
↪ke3, Menampakan kesenangan bagi seumpama rumah yang dikunjungi 
↪ke4, Mengaplikasi adab dan sunnah minum

⬅الاقتداء ببض السلف الصالح في شربهم له النشاط للعبادة إدخال السرور لصاحب البيت المزار تطبيق الآداب والسنن للشرب➡

👉WALLAHUA'LAM👈

MAULID NABI DAN ORANG PERTAMA MERAYAKANNYA


  ▫Rabi’ul awal adalah salah satu diantara 12 bulan islam yang mempunyai keistemewaan tersendiri dibandingkan dengan bulan~bulan yang lain.Betapa tidak, Bulan tersebut merupakan bulan lahirnya Baginda Muhammad  Rasulullah SAW sebagai rahmat bagi alam semesta,tepatnya Senin pagi,12 Rabi’ul awal tahun gajah atau bertepatan dengan 20 April 571 M.
    ▫Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk merayakan hari kelahiran Beliau  dengan  memperbanyak bacaan shalawat dan jamuan makanan pada bulan tersebut  sebagai simbol rasa syukur kita terhadap Nikmat Allah sekaligus kecintaan kita kepada Baginda Rasul itu sendiri. 
  ▫Tak heran bila dalam setiap bulan tersebut lantunan shalawat tidak pernah sunyi menghiasi angkasa diseluruh penjuru dunia.Tradisi perayaan Maulid tersebut  sudah berlangsung  dari tahun ke tahun hingga sekarang ini.
  ↘Taukah anda Siapa orang yang pertama sekali mengadakan maulid Nabi Muhammad SAW..???↙

Jawaban yang ada didalam kitab I’anatut Thalibin juzu' 3 halaman 364 cetakan haramain...⤵⤵⤵
👈وقال ابن الجوزي: من خواصه أنه أمان في ذلك العام، وبشرى عاجلة بنيل البغية والمرام، وأول من أحدثه من الملوك الملك المظفر أبو سعيد صاحب أربل، وألف له الحافظ ابن دحية تأليفا سماه التنوير في مولد البشير النذير، فأجازه الملك المظفر بألف دينار وصنع الملك المظفر المولد، وكان يعمله في ربيع الأول ويحتفل به احتفالا هائلا، وكان شهما شجاعا، بطلا عاقلا، عالما عادلا، وطالت مدته في ملك إلى أن مات وهو محاصر الفرنج بمدينة عكا سنة ثلاثين وستمائة، محمود السيرة والسريرة.
👈قال سبط ابن الجوزي في مرآة الزمان: (حكى) لي بعض من حضر سماط المظفر في بعض المواليد فذكر أنه عد فيه خمسة آلاف رأس غنم شواء، وعشرة آلاف دجاجة، ومائة ألف زبدية وثلاثين ألف صحن حلوى، وكان يحضر عنده في الموالد أعيان العلماء والصوفية، فيخلع عليهم، ويطلق لهم البخور، وكان يصرف على الموالد ثلاثمائة ألف دينار👉.
➡Orang yang pertama kali merayakan maulid Nabi Muhammad adalah Abu Sa’id Al-Muzhaffar dengan perayaan besar-besaran kala itu, menurut penuturan orang yang pernah menghadiri perayaan tesebut, bahwa dalam jamuan makan tersebut terdapat  5000 kepala kambing bakar, 10.000 ayam, 100 kuda, 100.000 roti mentega, dan 30.000 piring kue.⬅

↪MASYA ALLAH↩

Kamis, 08 November 2018

CARA BERTEMU RASULULLAH SAw


 PERLU DIKETAHUI tidak ada sesuatu yang bergerak atau diam dialam ini melainkan atas izin Allah,Dia yang mentakdirkan segala sesuatu terjadi atau yang akan terjadi.Allah berfirman dalam surat Al Qamar ayat 49
👈إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ
⏩Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran⏪

Baginda Nabi SAW bersabda;

👈مَاأَخْطَأَكَ ؛ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيْبَكَ ، وَمَا أَصَابَكَ ؛ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ👉
⏩Apa yang menimpamu tidak lepas darimu dan apa yang lepas darimu tidak akan menimpamu{Hadist Riwayat Abu Daud}⏪
  Namun Allah telah menciptakan sesuatu dan punya sebab~sebabnya,Dan Allah  memerintahkan mahluknya untuk melakukan sebab-sebab itu sekaligusmengikutinya.Demikianla supaya seorang hamba melakukan apa saja yang menjadi kewajiban,dan dimasukkan kedalam orang orang yang bertawakal.
  tidaklah engkau melihat bahwa Allah berfirman kepada Maryam;
👉Gungcangilah pohon kurman,niscaya buahnya akan berjatuhan kepadamu,andai Maryam ingin memetik pohon lain maka ia petik, karena segala sesuatu memiliki sebab👈
  Selanjutnya jika kau ingin Allah yang Maha kuasa untuk memberimu karunia berupa mimpi Rasulullah SAW maka lakukan beberapa tutorial dibawah ini;

➡PERTAMA ,1.MEMANTAPKAN/MENGUATKAN KEYAKINAN DAN KE IMANAN

  ▫Saat keimanan dan keyakianan seseorang telah kuat,maka ketika itu Allah akan menggangkat derajat orang tersebut,Dia akan melimpahkan karunia pancaran-pancaran kepadanya dan membuka pintu pintu futuhNya.
  Berkah yang dibuka Allah kapada orang yang beriman tidak sebatas materi atau fisik saja,tetapi mencakup berkah material dan spritual baik dalam sadar atau mimpi.
   Mimpi kepada baginda nabi adalah berkah dan futuh yang paling agung,Karena Orang yang bermimpi kepada beliou bisa terbuka dan ruhnya menjadi jernih hingga bisa melihat apa yang tidak didapat oleh orang lain.Hati para ahli makrifat itu memiliki mata bisa melihat apa yang tidak dilihat oleh orang yang melihat.Sayap-sayap yang terbang tanpa bulu menuju kerajaan Tuhan semesta alam.

➡ke 2,memperbanyak ketaatan dan menjauhi keburukan

▫Ketika manusia banyak berbuat taat kepada Rabb-nya maka dia akan melakukan ibadah~ibadah yang wajib,mendekatakan diri dengan amalan ibadah sunnah,puasa,bersedekah,zikir membantu orang tua dan orang lain hingga menjadi dekat dengan allah.perkara ini mampu mendatangkan cinta ridha allah swt.Didalam satu hadits qudsi allah swt berfirman sebagai berikut;
👈وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِى يَسْمَعُ بِهِ،وَبَصَرَهُ الَّذِى يُبْصِرُ بِهِ، وَيَدَهُ الَّتِى يَبْطُشُ بِهَا وَرِجْلَهُ الَّتِى يَمْشِى بِهَا ، وَإِنْ سَأَلَنِى لأُعْطِيَنَّهُ ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِى لأُعِيذَنَّهُ👉
⏩HambaKu senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya.Jika Aku telah mencintainya,maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat,memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang,memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan.Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku,pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya,{Hadist Riwyat Bukhari}⏪

➡ke 3 ,Mencintai Rasulullah SAW dengan cinta yang sesungguhnya

▫Dalam artian lebih mementingkan apa yang disampaikan oleh Rasul ketimbang hawa nafsu dan segala yang menarik hatinya,Juga menjadikan Rasulullah sebagai suritauladan dalam menjalani kehidupan baik dalam perkara beribadah,bermuamalah,berkerja bahkan sekalipun dalam kesunyaian.Hingga ia hidup bersama beliau SAW dalam seluruh perbuatan dan ucapnya.
   Barang siapa yang menyibukan hatinya dengan sesuatu atau seseorang,maka hal itu akan terekam dalam akal batinnya dan menancap dalam lubuk hati kesadarannya,meski sebelumnya berada ditepi kesadarannya dan barang siapa bersikap demikian terhadap orang-orang,pasti orang tersebut akan menguasai pikiran dan kesadarannya,hingga ia sanggup mimpi bertemu dengan orang tersebut.
   ↪ALKISAH ada seorang murid berkata kepada gurunya saya ingin mimpi Nabi,Karena sesungguhnya aku semakin cinta kepada beliau dan rindu untuk bertemu dengannya,maka dengan tujuan memberikan pelajaran kepada murid, sang guru murid tersebut mengintruksikan muridnya ''engkau harus makan malam dengan makanan berlemak,perbanyak garam dalam makananmu agar engkau semakin haus,namun jangan engkau minum air sebelum tidur,Kemudian ceritakan kepadaku apa yang engkau lihat dalam tidurmu kata siguru.
  KE-esok hari simurid berinisiatif berjumpa dengn gurunya,saat berjumpa dia berkata''aku tidak melihat Rasulullah dalam tidurku" lantas gurupun bertanya pada simurid,apa yang kau lihat..?? simurid menjawab seolah aku berjalan ditepi sungai,sedangkan air turun dari langit dan memancar dari bawah bumi,air mengepungku dari segala penjuru.
  Selanjutnya guru menjelaskan saat kau tidur seluruh fikiranmu telah terfokus kepada air karena sesungguhnya kau sedang kehausan sehingga saat engku tidur engkau melihat cukup banyak air dari berbagai sumbernya.maka jika kau ingin bertemu Rasulullah SAW dalam tidurmu,sibukkanlah hatimu kepada baginda dan terhadap cinta,sunnah,bershalawat serta tingkah laku Rasulullah dengan mengikuti dan taatpadanya.Akhirnya murid bisa memahami pelajaran berharga dari tuan guru dan maksud guru dari perintahnya.

 DiBAWAH ini MERUPAKAN UNTAIAN HadiS➡hadits berkenaan dengan mimpi BERtemu Nabi Muhammad SAW
👈''حَدََّثَنَا عَبْدَانُ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ عَنْ يُونُسَ عَنْ الزُّهْرِيِّ حَدَّثَنِي أَبُو سَلَمَةَ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَسَيَرَانِي فِي الْيَقَظَةِ وَلَا يَتَمَثَّلُ الشَّيْطَانُ بِي قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ قَالَ ابْنُ سِيرِينَ إِذَا رَآهُ فِي صُورَتِهِ''👉
▫Telah menceritakan kepada kami ‘Abdan telah mengabarkan kepada kami Abdullah dari Yunus dari Az Zuhri telah menceritakan kepadaku Abu Salamah,bahwasanya Abu Hurairah mengatakan, aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;➡''Barangsiapa melihatku dalam tidur,maka [seakan~akan] ia melihatku ketika terjaga,[karena] SETAN  tidak bisa menyerupaiku.''⬅ Abu Abdullah mengatakan, Ibnu Sirin mengatakan↔ Maksudnya [jika melihat RASULULLAH dengan bentuk asli] beliau.
[Hadis Riwayat BUKHARI,Ibnu Majah]

👈حَدََّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الْعَتَكِيُّ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ وَهِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ بِي👉
↪▫Telah menceritakan kepada kami Abu Ar Rabi’ Sulaiman bin Dawud Al ‘Ataki: Telah menceritakan kepada kami Hammad yaitu Ibnu Zaid : Telah menceritakan kepada kami Ayyub dan Hisyam dari Muhammad dari Abu Hurairah dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda➡''Barang siapa bermimpi melihatku dalam tidurnya,maka sesungguhnya dia benar~benar melihatku~  karena setan itu tidak dapat menyerupai bentukku'' [Hadis Riwayat Muslim]

SEMOGA ALLAH KARUNIAKAN KEPADS KITA SEMUA AGAR DAPAT BERJUMPA DENGAN BAGINDA NABI MUHAMMAD SAW..AMIN


KARAMAH IMAM HASAN AL-BASRI



👉imam Hasan Al~basri wafat di Bashra Iraq pada tahun 110 Hijriyah. Jenazah beliau dishalati dan dimakamkan setelah pelaksanaan salat Jumat. Tepatnya beliau wafat pada hari Kamis menjelang malam. Sedangkan pada hari Rabu malamnya, sebagian auliya (para wali Allah), menyaksikan pintu-pintu langit terbuka, dan terdengar suara memanggil: ⏩Ketahuilah, bahwa Hasan Albashri akan menghadap Allah, dan Allah telah ridla kepadanya. Riwayat ini diberitakan oleh Imam Alhkhani.⏪
   Imam Hasan Albashri terkenal sebagai pemimpin kalangan zuhud atau para ahli zuhud yang menjauhi kehidupan dunia,kalangan ahli ibadah,kalangan ulama, dan kalangan sastrawan Arab.ketika Imam Hasan Albashri mendengar bahwa Hajjaj bin Yusuf,hulubalangnya Yazid bin Muawiyah membunuh shahabat Said bin Jubair, maka Imam Hasan Albashri berdoa: Wahai Dzat yang dapat melemahkan pelaku kedurjanaan, balaslah Hajjaj! Maka tidak selang tiga hari,terjadilah pembusukan pada badan Hajjaj bin Yusuf dan keluar ulat dari tubuhnya, kemudian mati.
  ⏩Sayyidina Hasan Albashri termasuk kekasih Allah yang mendapat banyak keistimewaan,antara lain Allah melipat bumi untuk beliau, artinya jarak yang jauh menjadi sangat dekat tatkala beliau mendatanginya,Seringkali para ulama Makkah menemukan beliau shalat di Masjidil Haram, padahal beliau menetap di Bashra Iraq yang jaraknya ribuan kilo meter. Lebih meyakinkan lagi karena Peristiwa semacam itu terjadi bukanlah di saat beliau menjalankan ibadah umrah. Tentu saja, kejadian semacam ini adalah salah satu bentuk keramat Imam Hasan Albashri yang diberkan oleh Allah.
   ➡Karena beliau adalah salah satu dari para auliya kekasih Allah. Jika para Nabi diberi mu`jizat oleh Allah berupa suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya,contohnya mu`jizat Nabi Musa yang mampu membelah lautan hanya menggunakan sebuah tongkat, dan Nabi Sulaiman dapat memahami serta dapat berbicara dengan semua jenis binatang, sedangkan Nabi Muhammad SAW diberi kemapunan untuk menjawab ucapan salam dari pepohonan dan bebatuan, maka para wali Allah sebagai pengganti dan pewais para Nabi, juga diberi kelebihan oleh Allah berupa keramat, yaitu kemampuan lebih di luar kebiasaan manusia pada umumnya,Seperti halnya kemampuan lebih yang diberikan oleh Allah kepada Imam Hasan Albashri
  ➡Nabi SAW telah menyiratkan masalah ini dalam sabda beliau SAW yang artinya:↘" Para Ulama dari kalangan ummatku,kedudukannya seperti para Nabi di kalangan Bani Israel"↙ Mudah~mudahan kita dapat menjadi salah satu dari para ulama yang sekaligus sebagai auliya kekasih-kekasih Allah, atau jika belum mampu, maka semoga kita dapat berkhidmat kepada para ulama, jika belum mampu, mudah-mudahan kita dapat selalu mengikuti petunjuk para ulama, jika belum mampu maka setidaknya dapat menghormati para ulama, jika belum mampu, maka jangan sampai kita menyakiti para ulama, jika belum mampu, maka sekali-kali janganlah melawan para ulama apalagi sampai memusuhi mereka. Karena para ulama itu adalah pewaris para Nabi...


Wallahua`lam...

Selasa, 06 November 2018

Ini alasannya cinta ibu lebih besar daripada ayah.



 👉Ayah dan Bunda, mereka adalah sosok yang sangat luar biasa dalam kehidupan kita. Kita menjadi saksi bahwa perjuangan mereka sangat luar biasa dalam kehidupan ini, cucuran keringat yang keluar, perginya ayah kita dari rumah untuk mencari nafkah. pagi, siang dan malam kadang tak pulang, ternyata semua itu dilakukannya untuk kita.
  ➡Lalu bagaimana dengan bunda? Tidak pernah dihiraukan rasa sakit yang mendera, apalagi saat dikandungnya. Sembilan bulan kita berada di dalam perutnya, saat-saat yang menegangkan, saat kita dilahirkan, saat yang paling berat dirasakan oleh bunda kita, yang ada dalam pikirannya bagaimana kita selamat menatap dunia ini. Adalah bentuk “renungan” yang tak jarang kita meneteskan airmata bila mengenang betapa besar perjuangan mereka yang tak bertepi.
 ➡Meskipun perjuangan dan kasih sayang mereka tak ternilai dan sama-sama berjuang demi masa depan anak-anak tercinta, namun tak bisa dipungkiri bahwa dalam pandangan syariat ada beberapa persoalan yang menndahulukan perempuan dalam mengurus anak-anak dibandingkan laki-laki yang terkesan lebih perkasa dibandingkan kaum hawa.

➡ada yang bertanya,,kenapa cinta dan kasih sayang ibu kepada anaknya lebih besar dibandingkan dengan cinta dan kasih sayang seorang ayah, padahal seorang anak tercipta dari air (sperma) keduanya..???


Ini jawaban nya yang tertera Didalam kitab Hasyiyah Al Bujairimi ‘ala Al Khatib 4 : 82 cet. Darl kutub
👈فإن قيل: ما الحكمة في أن الأم أشفق على الولد من الأب وهو خلق من مائهما. فالجواب أن ماء الأم من قدامها من بين ترائبها قريبا من القلب الذي هو موضع الشفقة ومحل المحبة والأب يخرج ماؤه من وراء ظهره من الصلب وهو بعيد من القلب الذي هو موضع الشفقة والرحمة.


👉Karena sperma perempuan keluar dari tulang dada yang berdekatan dengan hati sebagai tempat cinta dan kasih sayang pada diri seseorang sedangkan sperma laki-laki keluar dari sulbi yang letaknya jauh dari hati👈


Jika kalian cinta ibu maka bagikan artikel ini....agar lebih banyak yang tau seberapa besar rasa cinta ibu pada anaknya...semoga allah tempatkan ibu kita didalam surga jannatunun adnin...amin

Ulama yang ngajak jihad dengan negara eropa

 Syaichk zainuddin al~malibari merupakan satu nama bagi pengarang kitab Fathul Mu’in, sebuah kitab fiqih yang sangat populer bagi kalangan pelajar pertengahan. Kitab Fathul Muin merupakan kitab kurikulum tingkatan menengah di seluruh pesantren di Indonesia dan beberapa negara lainnya.
 ↔Nama lengkap beliau adalah Syeikh Zainuddin Ahmad bin Qadhi Muhammad al-Ghazali bin Syeikh Zainuddin al-Makhdum Kabir bin Syeikh Qadhi Ali bin Syeikh Qadhi Ahmad al-Ma’bari Asy-Syafii al-Asy’ari al-Funnani al-Malaibari.
 ⏩Beliau dilahirkan di Chombal dalam wilayah Malaibar atau yang sekarang dikenal dengan Kerala, negara bagian bagian barat daya. Dilahirkan tahun 938 H/1532 M,Imam Zainuddin al-Malaibari berasal dari keluarga al-Makhdum, satu keluarga yang diperkirakan sampai ke Malaibar, India pada abad ke 7 H/15 M. Keluarga ini didirikan oleh Syeikh Qadhi Zainuddin Ibrahim Ahmad yang merupakan paman dari Syeikh Zainuddin Kabir, sang kakek. Keluarga al-Makhdum menjadi panutan bagi masyarakat Ponnan dan Malaibar secara menyeluruh, bukan hanya bagi umat Islam tetapi juga menjadi panutan bagi masyarakat yang bukan muslim. Keluarga la-Makhdum memiliki peran yang besar dalam penyebaran ilmu agama dan ilmu Arabiyah di Negri India. Sampai sekarang keluarga al-Makhdum dikenal sebagai keluarga yang penuh dengan ilmu fiqh, dakwah dan adab. Menurut ahli sejarah, asal usul keluarga al-makhdum berasal dari Negri Yaman. Mereka meninggalkan negrinya dalam rangka berdakwah hingga sampai ke Negri Malaibar.
 ➡Sebagian kalangan yang menuliskan biografi beliau, seperti Imam al-Laknawi dalam kitab Nazhatul Khawatir, Syeikh Umar Ridha dalam kitab Mu’jam Muallifin, dan Az-Zarkaly dalam kitab al-A’lam, menyebutkan nama ayah beliau adalah Syeikh Abdul Aziz al-Malaibar. Namun nama ayah beliau yang sebenarnya sebagaimana beliau tulis sendiri dalam kitab beliau al-Ajwibah al-Ajibah ‘an As`ilah al-Gharibah adalah Syeikh Muhammad al-Ghazali. Sedangkan Syeikh Abdul Aziz sendiri merupakan paman Syeikh Zainuddin ini.
➡Ayah beliau, Syeikh Muhammad al-Ghazali merupakan seorang ulama yang wara’ dan masyhur, ahli dalam ilmu hadits, tafsir dan kalam dan merupakan qadhi di Malaibar Selatan, dan juga merupakan pendiri mesjid jamik Chombal. Ibu beliau juga merupakan seorang wanita shalihah yang berasal dari keluarga yang dikenal keshalihannya.
➡Kakek beliau yang juga bernama Zainuddin - sehingga dikenal dengan Syeikh Zainuddin Kabir sedangkan cucu beliau dengan Zainuddin Saghir - sangat mencintai ulama sufi terlebih lagi Imam Ghazali, sehingga beliau menamai salah satu anaknya dengan nama Muhammad al-Ghazali yang merupakan ayah dari Syeikh Zainuddin. Kakek beliau memiliki banyak karangan. Salah satunya adalah Nadham dalam ilmu akhlak, Hidayah Atqiya` yang kemudian disyarah oleh anak beliau Syeikh Abdul Aziz al-Makhdumi dengan nama Maslak al-Atqiya wa Manhaj al-Ashfiya, disyarah oleh Saiyid Abu Bakar Syatha dengan nama Kifayatul Atqiya wa Manhaj al-Ashfiya dan juga disyarah oleh ulama Nusantara, Syeikh Nawawi al-Bantani dengan nama Sulam Fudhala’ li Khatimah Nubala`.  Syeikh Zainuddin Kabir juga mengarang nadham yang mengajak umat dan para raja berjihad melawan kafir Portugis.
➡Syeikh Zainuddin Shagir Memulai membaca ilmu dasar-dasar dalam agama kepada ayahanda dan ibunda beliau. Kemudian beliau menuju ke daerah Ponnan untuk belajar kepada paman beliau Syeikh Abdul Aziz yang mengajar di Mesjid Jamik di sana.
👉Imam Zainuddin al-Malaibari tidak mencukupkan perjalanan ilmiyah beliau hanya di negrinya saja, namun beliau memperluas rihlah ilmiyah beliau hingga mencapai jazirah Arab dan Hijaz sambil menunaikan ibadah haji dan umrah. Beliau menetap dalam waktu lebih kurang 10 tahun dan berguru kepada beberapa ulama besa
r di tanah Haramain.

 Di antara guru-guru beliau di Haramain adalah;
 ⏩syaikhul islam ibnu hajar al ~haytami merupakan guru yang paling beliau cintai sehingga dalam kitab Fathul Muin beliau menyebutkan kata “syaikhuna/guru kami” secara mutlak untuk Ibnu Hajar al-Haitami.

↔Syeikh Islam Izzuddin Abdul Aziz Az-Zamzami

↔Syeikhul Islam Abdurrahman bin Zayad, mufti 
Negri Hijaz dan Yaman

↔Syeikh Islam Saiyid Abdurrahman ash-Shafawi

↔Imam Zainul Abidin Abu Makarim Muhammad bin Tajul Arifin Abi Hasan ash-Shiddiqi al-Bakri, yang merupakan murid dari Syaikhul Islam Zakaria al-Anshari.

⏩Guru beliau, Syeikhul Islam Ibnu Hajar al-Haitami sangat mengagumi kecerdikan Imam Zainuddin. Para ahli sejarah menyebutkan bahwa Ibnu Hajar al-Haitami pernah mengunjungi Malaibar, India dan menetap beberapa waktu di Mesjid Jamik Ponnani tempat Syeikh Zainuddin mengajar.
Ketika beliau menetap di Haramain, beliau banyak menggunakan kesempatan untuk meminta fatwa kepada beberapa  ulama besar masa itu seperti kepada Syeikh Islam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad ar-Ramli (w. 1004 H), Syeikh Muhammad Khatib asy-Syarbini (w. 979 H), Imam Abdullah Bamakhramah (w. 972 H), Imam Abdurrauf bin Yahya al-Makki yang juga murid dari Syeikhul Islam Ibnu Hajar al-Haitami. Pertanyan-pertanyan tersebut beliau kumpulkan dalam satu kitab yang beliau namakan dengan al-Ajwibah al-Ghaliyah fi al-As`ilah al-Gharibah.
Beliau mendapat talqin zikir jali dan khafi dari guru beliau Imam Muhammad bin Abi Hasan al-Bakri dan mengambil thariqat Qadiriyah dari beliau pada tahun 966 H/1587 M, tepat sebelum fajar hari jumat pada 10 Ramadhan.
Diantara ulama besar yang semasa dengan beliau dalam belajar adalah Syeikh Abu Bakar Salim al-Hadhrami, Syeikh Aidarus al-Ahmadiabadi, Imam Mula Ali Qari, Syeikh Ibnu Abdullah Saqqaf al-Hadhrami dll.

👉MURID~MURID SYAICH ZAINUDDIN AL~MALIBARI👈


↘Syeikh Zainuddin al-Malaibari merupakan salah satu pengkhadam Mazhab Syafii. Beliau mengajar ilmu syar’iyah dan ilmu Arabiyah di Mesjid Jamik Ponnani dalam masa 63 tahun. Dari halaqah beliau ini, lahirlah beberapa ulama besar, antara lain;

↔Syeikh Abdurrahman al-Makhdum kabir al-Ponani

↔Syeikh Jamaluddin bin bin Syeikh Usman al-Ma’bari al-Ponnani

↔Syeikh Jamaluddin bin Syeikh Abdul Aziz al-Makhdum al-Ponnani

↔Qadhi Usman Labba al-Qahiri

 ↔Syeikh Qadhi Usman al-Qahiri
  dll

👉Karya-karya beliau👈


 ⏩Selain mengajar, Syeikh Zainnuddin juga mengarang beberapa kitab dalam bahasa Arab. Di antara karya-karya beliau adalah⤵

↔1.Irsyadul Ibad ila Sabil Rasyad, kitab yang berisi fiqh, aqidah dan tashawuf. Dalam kitab Fathul Mu’in, Syeikh Zainuddin sempat menyebutkan nama kitab Irsyadul Ibad ini.

↔2.Ihkam Ahkam Nikah, kitab ini juga sempat beliau singguh dalam fathul muin pada awal kitab Nikah. Kitab ini pernah di cetak di Malaibar

↔3.Qurratul ain bi muhimmat ad-din, yang merupakan matan dari Fathul Mu’in. Kitab ini disyarah oleh ulama Nusantara, Syeikh Nawawi al-Bantani dengan nama Nihayah al-Zain fi Irsyad al-Mubtadiin.

↔4.Fathul Muin Syarh Qaurratul ain, kitab ini selesai dikarang tahun 982 H.

↔5.Tuhfatul Mujahidin fi ba’dh akhbar Burtughaliyin, berisi tentang kelebihan berjihad dan sedikit sejarah kaum kafir di Malaibar dan sejarah perlawanan umat Islam terhadap penjajah Portugis, kitab ini selesai dikarang tahun 985 H. Kitab ini telah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa dunia, sperti Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Ceska, Persia, Urdu, Tamil, Gujarat dan kanada.

↔6.Manhaj al-Wadhih syarah kitab beliau sendiri Ihkam Ahkam nikah, salah satu naskah manuskripnya ada di Universitas malik Suud Saudi Arabiya

↔7.al-Ajwibah al-Ajibah ‘an As`ilah al-Gharibah

↔8.Mukhtashar Syarah Shudur fi Ahwal al-mauta wal qubur Imam Suyuthi

↔9.al-Jawahir fi Uqubah Ahli Kabair

↔10.al-Fatawa al-Hindiyah

👉Kedudukan beliau dalam mazhab Syafii👈

 ↔Walaupun nama dan pendapat beliau tidak pernah disebut oleh ulama yang membahas seputar masalah perbedaan ulama muta`akhirin Syafii’iyah seperti Syeikh Sulaiman Kurdi, pengarang kitab Fawad Madaniyah fi man Yufta biqaulihi min Muta`akhiri Syafi’iyah, dimana beliau banyak menyebutkan tentang murid Ibnu Hajar al-Haitami yang lain seperti Syeikh Abdurrauf al-Makki, namun Syeikh Zainuddin al-Malaibary mendapat kedudukan yang besar dalam barisan ulama muta`akhirin Syafi`iyah. Hal ini dapat dilihat dari penerimaan dan pujian dari para ulama mazhab Syafii lain terhadap kitab beliau Fathul muin. Kitab Fathul muin dijadikan pelajaran di perbagai negara yang bermazhab Syafii seperti Mesir, India, Indonesia, Malaysia, Makkah, Madinah, Syam, Bagdad, Srilanka dll. Di Aceh, seluruh Dayah menggunakan kitab Fathul Muin dengan Hasyiah I’anah Thalibin sebagai kitab kurikulum setelah kitab Fathul Qarib dan Hasyiah al-Bajuri.
    ↔Dalam kitab Fathul Muin, beliau lebih banyak cenderung kepada tarjih Imam Ibnu Hajar al-Haitami dari pada tarjih Imam Ramli.     Selain dikaji, kitab Fathul Muin juga di beri hasyiah oleh beberapa ulama, di antara hasyiahnya adalah⤵

↔1.I’anathuth Thalibin karangan Saiyid Bakri Syatha. Kitab ini merupakan hasyiah dari fathul muin yang paling populer

↔2.I’anathul musta’in syarh ‘ala Fathul muin karangan Syeikh Syahir Ali bin Ahmad bin Sa’id Bashabarin (wa. 1304 H)

↔3.Tarsyihul mustafidin syarh ‘ala fath muin karangan Sayyid Alawi bin Saiyid Ahmad as-Saqqaf (w. 1335H/1916 M).

↔4.Hasyiah ‘ala Fathul Muin karangan Maulana Ahmad asy-Syirazi al-Malaibari (w. 1326 H) terdiri atas 3 jilid

↔5.Hasyiah ‘ala Fathul Muin karangan Syeikh Qanit Syihabuddin Ahmad Kuya asy-Syaliyati (w. 1374 H)

↔6.Tansyith al-Muthali’in syarah ‘ala Fath Mu’in, karangan Syeikh Maulawi Ali bin Syeikh Arif billah Maulana Syeikh Abdurrahman an-Naqsyabandi at-Tanuri (w. 13347 H), belum sempurna.

↔7.Syarah ‘ala Fath Mu’in karangan Syeikh Maulana Zainuddin al-Makhdumi al-Kahir al-Funnani (w.1304 H), terdiri atas 3 jilid.

↔8.Ta’liq Kabir ‘ala Fath Mu’in, karangan Syeikh Ahmad bin Muhammad al-Balankuty (w. 1341 H)
   Dll

👉Anti Penjajahan👈


 ↔Syeikh Zainuddin al-Malaibar juga merupakan seorang ulama yang sangat anti kepada penjajahan Portugis kala itu. Beliau sangat mencintai tanah airnya dan berupaya menyadarkan kaumnya akan pentingnya mencintai tanah air. Beliau juga menciptakan nasyid-nasyid yang mendendangkan kecintaan kepada tanah air dan membangkitkan ruh jihad melawan kaum kafir.  Untuk tujuan itu beliau mengarang Kitab Tuhfatul Mujahidin fi Ba’dh Akhbar al-Burtuthaliyin.
 ↔Dalam kitab ini beliau menjelaskan sedikit tentang hukum dan dorongan untuk berjihad, sejarah perkembangan Islam di Malaibar, sedikit tentang adat istiadat kaum kafir di Malaibar, dan sejarah masuknya kaum kafir Eropa ke Malaibar serta bagaimana buruk dan kejamnya perlakuan mereka terhadap kaum muslimin. Beliau menghadiahkan kitab tersebut kepada Sultan Ali I bin Adil Syah, sultan di India Selatan masa itu.
Kitab ini mejadi sebuah kitab yang sangat bernilai karena menggerakkan perlawanan kepada kaum penjajah Portugis dan juga merupakan kitab pertama yang menceritakan sejarah Malaibar dahulu.
 ↔Dalam kitab Tuhfatul Mujahidin, Syeikh Zainuddin al-Malaibar juga menyebutkan bagaimana Portugis menguasai hampir seluruh Kerajaan di Islam di India dan wilayah Asia Tenggara. Beliau menyebutkan beberapa raja Muslim yang mampu merebut kembali benteng-bentang yang dibangun oleh Portugis, diantaranya adalah Sulthan al-Mujahid Ali al-Asyi yang tidak lain merupakan Sultan Kerajaan Aceh Darussalam, Sultan Ali Mughayat Syah, yang berhasil melepaskan Sumatra dari cengkraman Portugis. tertera dalam kitab (Tuhfatul Mujahidin, hal 287)

👉Wafat beliou👈

↔Terjadi perbedaan pendapat di kalangan ahli sejarah tentang tahun wafat beliau. Menurut Jirji Zaidan yang diikuti oleh Carl Brockelmann dan az-Zarkali, beliau wafat tahun 987 H/1579 M. Namun pendapat ini sanga tidak tepat, karena dalam kitab Tuhfatul Mujahidin, Syeikh Zainuddin al-Malaibar juga menceritakan kejadian-kejadian yang terjadi pada tahun 991 H/1583 M. Menurut pendapat yang kuat, beliau meninggal tahun 1028 H sebagaimana disebutkan oleh ahli sejarah India, Syeikh Muhammad Misliyar dalam kitabnya, Tuhfatul Akhyar fi Tarikh Ulama Malaibar.
Beliau dimakankan di dekat mesjid Jamik di Kungippalli, propinsi Chombal berdampingan dengan kubur istri beliau. Kubur beliau diziarahi oleh kaum muslim dari berbagai daerah.

👉WALLAHUA'LAM.👈