Sabtu, 16 Maret 2019

TEROR DI SELANDIA BARU,INI TANGGAPAN SYECK AL-AZHAR

Saya turut beresedih dan berbelasungkawa yang mendalam akan berita serangan teroris yang menargetkan para jamaah yang beribadah dengan damai di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, selama waktu sholat Jumat, yang meninggalkan sekitar 50 korban dan sejumlah orang yang terluka, termasuk banyak anak-anak dan perempuan.
Pembantaian yang mengerikan ini harus menjadi keprihatinan bagi hati nurani semua orang di seluruh dunia. Ini melibatkan pelanggaran terhadap kesucian hidup manusia yang sempurna, dan pengambilan hidup orang-orang tak berdosa yang tidak dapat diganggu gugat yang berdoa kepada Tuhan dalam penghormatan dan kepastian.

Pembantaian “tercela, teroris” ini, yang ingin direkam dan disiarkan langsung oleh pelakunya ke seluruh dunia, tidak jauh berbeda dari video mengerikan pemenggalan kepala yang dilakukan oleh geng-geng ISIS yang kriminal.
Mereka adalah dua cabang dari pohon yang sama, yang disiram dengan kebencian, kekerasan dan ekstremisme; sementara toleransi dan kemanusiaan telah hilang dari hati para pelakunya.

Mereka tidak akan begitu brutal dengan cara yang menghebohkan ini jika bukan karena perhitungan politik dan ras yang sempit yang menutup mata terhadap kejahatan mereka dan memungkinkan mereka untuk menyebar dan menjadi brutal.
Mungkin setelah semua ini terbukti dan motif kejahatan ini terungkap, mereka yang selama ini terus mengaitkan terorisme dengan Islam dan muslim akan berhenti mengulangi kebohongan ini, dengan semua rasa sakit dan keganasan yang ada, mana mungkin ini dirancang oleh orang yang akalnya sehat, terlebih orang Islam atau muslim.

Sebaliknya,perilaku ini dimunculkan oleh pikiran biadab dan keji, yang motifnya tidak diketahui; juga keyakinannya yang menyimpang yang mendorongnya untuk melakukan kejahatan keji ini.
Namun, kita –kaum Muslim, dan terlepas dari tragedi yang menghebohkan kita tidak dapat mengucapkan sepatah kata pun untuk mengutuk agama Kristen atau Kristus, meskipun pembunuh berdosa ini mengklaim sebagai orang yang percaya pada agama Kristen.

Karena kami merasakan perbedaan besar antara toleransi beragama dan keberagamaan, di satu sisi pelaku telah memanipulasi agama, dari para pedagang di bidang politik dan senjata, di sisi lain. Demikian juga, kita tidak dapat memahami bagaimana ada perbedaan antara tindakan teroris yang dilakukan oleh orang yang berafiliasi dengan Islam, dan dalam hal ini terorisme langsung diperhitungkan pada Islam dan kaum muslim, dan tindakan teroris yang dilakukan oleh pengikut agama lain, dan dalam hal ini pelaku langsung digambarkan sebagai ekstrimis sayap kanan.

Kami tidak mengerti bagaimana yang terakhir ini tidak digambarkan sebagai tindakan teroris, tetapi hanya dikatakan sebagai: kejahatan!
Saya bertanya-tanya: apa arti “ekstrimisme sayap kanan”? Mengapa umat Islam sendiri membayar harga yang disebut “ekstremisme sayap kanan” dan apa yang disebut ekstremisme Islam, melalui penumpahan darah mereka dan hilangnya tanah mereka? Bukankah sudah saatnya orang-orang di timur dan barat berhenti mengulangi kebohongan “terorisme Islam”?
Fenomena Islamofobia dan xenophobia –kecenderungan permusuhan rasial, terhadap orang asing dan migran di Barat belum mendapat perhatian yang cukup, meskipun mereka dalam banyak kasus mengubahnya menjadi tindakan kekerasan dan kebencian yang laten, yang mengharuskan adanya tindakan cepat dan efektif untuk mengatasinya dan mengepung mereka serta mengangkat setiap dalih politik atau agama untuk pemiliknya.

Maka dari itu kita harus mempromosikan nilai-nilai toleransi, koeksistensi dan integrasi positif berdasarkan kesetaraan hak dan kewajiban, dan penghormatan terhadap privasi agama dan budaya.
Yang tak kalah penting pada momen berduka ini adalah untuk mengingat kembali apa yang dinyatakan dalam “Document of Human Fraternity” yang ditandatangani oleh Al-Azhar dan Vatikan, Februari lalu. Ini menekankan perlunya “kepatuhan pada nilai-nilai moral dan ajaran agama yang jujur” untuk “menghadapi kecenderungan individualistis, egois dan saling bertentangan, dan memerangi radikalisme dan ekstremisme buta dalam segala bentuk dan ekspresi.”

Ini juga menegaskan bahwa “terorisme menyedihkan dan mengancam keamanan orang, baik mereka di Timur atau Barat, Utara atau Selatan, dan menyebarkan kepanikan, teror dan pesimisme.
Ini bukan akibat agama, bahkan ketika teroris melegitimasinya. Ini lebih merupakan hasil dari akumulasi salah tafsir teks-teks agama dan kebijakan yang menyebabkan kelaparan, kemiskinan, ketidakadilan, penindasan, dan sombong. ”

Belasungkawa yang mendalam saya sampaikan kepada keluarga dan teman-teman para korban, kepada semua Muslim di dunia, dan kepada orang-orang yang memiliki hati nurani.
Saya memohon kepada Allah Swt untuk menghujani yang telah meninggal dengan belas kasihan dan memberikan pemulihan yang cepat bagi yang terluka. Saya juga meminta Allah untuk memberikan ketenangan dan kepastian bagi hati mereka yang takut dengan kejahatan keji ini.

Tulisan ini diterjemahkan dari
AL-AZHAR SYARIF...

Sabtu, 09 Maret 2019

KITAB KUNING,INILAH KELEBIHAN YANG PERLU DIKETAHUI.


  tataislam.blogspot.com➡Diantara keunggulan kitab kuning yang merupakan kumpulan kitab~kitab intelektual warisan para ulama terdahulu adalah karya mereka tetap berguna untuk menjawab permasalahan ummat sekalipun terjadi pada zaman melenial seperti sekarang ini dan pada masa yang akan datang.. 
  perkara ini disebabkan kajian fiqh yang mereka rangkum & mereka uraikan didalam  karya mereka tidak hanya terbatas pada permaslahan fiqih yang sedang terjadi juga menjawab aspek permasalahan yang sedang dihadapi, namun juga mencakup fiqh prediktif (ifradhi)atau biasa dikenal dengan "perkara yang mustahil terjadi" untuk memberikan solusi hukum kepada kasus-kasus yang kemungkinan sewaktu-waktu akan terjadi, walau kemungkinan itu masih terlalu jauh....
  Sebuahcontoh, Imam Syarqawi,nama aslinya 
Syaikh Abdullah bin Hijazi bin Ibrahim As-Syafi'i Al-Azhari , beliau lebih populer dengan panggilan Imam syarqawi yang  lahir pada tahun 1150 Hijriah dan wafat pada hari Kamis, 2 Syawwal 1227 Hijriah atau bertepatan dengan 8 oktober 1812 Masehi.
     Didalam hasyiah kitab Tuhfat at-Thullab  karya Syaikh Zakaria Al-Anshari, beliau memberikan pendapat terkait hukum wuquf arafah di udara...disini imam syarkawi menjelaskan, ''Wuquf bisa di mana saja dalam wilayah Arafah,sekalipun menyelam dalam air atau berada di atas kendaraan itu sah,bahkan ber-wuquf sambil kendaraan lebih baik(utama)..
   Hal ini berbeda jikalou seseorang itu ber-wukuf sambil menaiki/mengendarai burung dan terbang di atas udara Arafah, maka perbuatan tersebut tidak sah sebagai wuquf,karena udara Arafah tidak dinilai sebagai Arafah...dan ada contoh-contoh yang lain.

   logikanya,Imam Syarqawi meninggal lebih awal yaitu pada tahun 1812 Masehi,sedangkan pesawat terbang pertama sekali  ditemukan dan diluncurkan pada tahun 1903 Masehi oleh Wright bersaudara, Barangkali saat itu permasalahan yang dibahas oleh Imam Syarqawi terkesan lucu dan aneh.
  Namun seiring dengan perkembangan zaman dan melihat pelaksanaan haji sekarang ini di mana ada landasan khusus untuk jet pribadi(helikopter) di atas bangunan jamarat untuk para petinggi kepala negara, bisa saja dibutuhkan jawaban kepastian hukum yang di urai,,apakah sah jika wuquf dengan melintasi bumi Arafah di udaranya saja tanpa mendaratkan jet pribadi(helikopter)...?????? Jawabannya menurut Imam syarkawi TIDAK  SAH..


  KESIMPULANNYA ➡sangat penting  fiqih iftiradhi didalam kitab kuning,salah satunya seperti Ulasan diatas, agar kitab kuning itu selalu menjadi relevan dalam menjawab permasalahan ummat seiring dengan perkembangan zaman.

Demikian..buka juga
www.tataislam.com

Jumat, 28 Desember 2018

Istri dalam masa Menyusui anak,bolehkah berhubungan intim..???





➡kronologi masalah.
⚫Hubungan biologis merupakan hal yang lumrah disalurkan oleh setiap insan yang telah melaksanakan berumah tangga,terkadang berhubungan badan ini terdapat larangan dari syara' yaitu disaat istri sedang menjalani haid/mentruasi.
 ⚫Setelah melahirkan anak kebiasaan seorang istri mengeluarkan air susu ibu (ASI) untuk meningkatkan daya tahan tubuh sianak saat mengkonsumsinya,ada isu yang berkembang didalam masyarakat kita bahwa melakukan hubungan intim saat istri sedang menyusui anak memberi dampak akan buruknya kualitas ASI sehingga menjadi kontroversial,sehingga menimbulkan 2 Pertanyaan,,;
👉pertama⚫ Bagaimanakah hukum melakukan hubungan intim saat istri sedang menyusui⚫⚫?
👉ke 2⚫Apakah benar isu yang mengatakan bahwa berhubungan intim saat istri sedang menyusui berdampak kepada buruknya kualitas ASI ⚫⚫????

Jawaban nya seperti yang tertera di dalam kitab Mughni Muhtaj Juzu'5 Halaman 63 Cetakan Syirkatul Quds 2012 berikut nas-nya
⏪ويسن أن لا يترك الجماع عند قدومه من سفره ولا يحرم وطء الحامل والمرضع⏩
Dan terdapat pula didalam kitab Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah Juzuk 31 Halaman 344,berikut nas kitabnya..⚫⚫⤵⤵


👈👇حكم الغيلة بالإرضاع أو الوطء👇👉

⏪ كان العرب يكرهون وطء المرأة المرضع. وإرضاع المرأة الحامل ولدها، ويتقونه لأنهم كانوا يعتقدون أن ذلك يؤدي إلى فساد اللبن، فيصبح داء، فيفسد به جسم الصبي ويضعف، ولو كان هذا حقا لنهى عنه الرسول صلى الله عليه وسلم. قال صلى الله عليه وسلم: لقد هممت أن أنهى عن الغيلة، فنظرت في الروم وفارس، فإذا هم يغيلون أولادهم. فلا يضر أولادهم ذلك شيئا👉

➰pertama⚫Tidak ada larangan seorang suami melakukan hubungan intim dengan istrinya yang sedang hamil dan menyusui,karena hal tersebut tidak mengganggu kesehatan anak yang sedang disusui.

➰ke 2⚫Tidak benar, karena nabi pernah melihat bangsa Rum dan Farsi yang hamil sedangkan mereka  menyusui anaknya yang kecil, namun hal tersebut tidak memudharatkan anak yang sedang disusuinya⚫

Dari jawaban diatas dapat di pahami,bahwa berhubungan intim ketika istri menyusui boleh,asalkan istri suci dari nifas(darah yang keluar sesudah melahirkan).


          ↪WALLAHUA'LAM

Minggu, 23 Desember 2018

BANTAHAN FATWA IMAM SYAFII,DENGAN MENGATAKAN QAUL JADID MENGIKUTI ADAT MESIR



⚫Didalam dunia muslim sangat banyak sekali yang bermazhab pada Mazhab assyafie,alasannya terutama karena mudah dalam hal berubudiah,  bermuamalah , bermunakahah dan lain sebagainya,namun yang perlu diketahui didalam mazhab asyafie ada dua qaul(pendapat imam asyafii) yang dikenal dengan sebutan pertama qaul Jadid(pendapat baru) dan yang kedua yaitu qaul Qadim(pendapat lam.
 ➡pendapat jadid imam asyafii adalah pendapat yang dikemukakannya sewaktu dia di Mesir atau dalam perjalanan menuju Mesir, sedangkan pendapat Qadim ialah pendapat yang dikemukakan oleh beliou di Iraq.
 ⚫Dalam hal ini, ada segelintir golongan yang berpendapat bahwa imam Syafii mengeluarkan statemen(pendapat) Jadid karena menyesuaikan diri dengan adat istiadat yang berlaku dinegara Mesir, bukan karena faktor penambahan dalil yang menjadi landasan hukum pendapat Jadid...
⚫Lalu apakah benar bahwa perubahan pendapat Imam Syafii dari Qadim ke Jadid karena faktor budaya setempat⚫⚫???
Sayyid Alawi bin Abdul Qadir,didalam kitab Madhal ila mazhab syafiiyah Hal 378 beliou menjawab sebagai berikut;,,⤵⤵

  ⚫ITU sama sekali tidak benar imam syafiie mengasas mazhab jadid untuk menyesuaikan diri dengan adat istiadat disana,namun timbulnya mazhab jadid(baru) karena bertukar pikiran sang imam dengan ulama-ulama lain ketika ia berada di mekkah, bahkan yang tertera dalam kitab-kitab mazhab syafii adalah bagi sang imam ada dua mazhab.
👉Pertama ⚫mazhab iraq yaitu mazhab qadim yang diajarkan kepada murid uridnya disana dan ia mengarang beberapa kitab, kemudian ketika ia pindah ke mesir, tatkala sampai di mekkah ia bertukar pendapat dengan beberapa ulama lain, sehingga banyak pendapat pendapat qadim yang telah difatwanya dirujuk kembali, pendapat pendapat inilah yang kemudian menjadi pendapat jadid,
👉Ke 2 ⚫pendapat jadid,pendapat ini dibentuk oleh imam syafii sebelum keberangkatannya ke mesir, ada yang berkata pula sebelum keberangkatannya ke mekkah, namun yang pasti, pendapat jadid adalah pendapat yang diterapkannya di mesir, tentu terlepas dari kaitannya dari irak atau mesir, namun karena bertambahnya ilmu imam dengan sebab bertukar pendapat.
Ini bukan tanpa alasan, berikut beberapa alasan pendapat jadid bukan karena mengikuti budaya...⤵⤵

👉Pertama:  Jika perubahan mazhab karena budaya, sungguh imam tidak akan menarik kitab-kitabnya yang dikarang di Irak dan mengharamkan kepada umat untuk mempelajarinya dengan kata beliau seperti yang tertera didalam kitab Bahrul Muhid, Imam Zarkasyi jilid 4 halaman 584,berikut nas-kitab nya..
👈ليس في حل من روي عني القديم👉

⚫Tidaklah halal seseorang meriwayatkan pendapat qadim dariku.

  Kalau sendainya pendapat jadid karena faktor budaya negara Mesir, tentunya Imam Syafii akan membiarkan para murid-muridnya yang di negri Iraq untuk mengikuti pendapat qadim beliau, bahkan tentunya Imam Syafii akan punya pendapat yang berbeda-beda bagi muridnya menurut asal daerah masing-masing, namun kenyataannya tidak demikian.

👉yang ke 2⚫ Jika memang seperti dakwaan mereka, maka para ashab Imam Syafii yang ada di Irak akan berfatwa sesuai mazhab qadim, dan ashab yang di mesir akan berfatwa seperti pendapat qadim, padahal fakta sebaliknya, ashab Imam Syafii yang di Iraq juga berfatwa dengan pendapat Jadid.

👉yang ke 3⚫ Para imam mazhab yang lebih mengetahui tentang imam Syafii tidak penah satupun dari mereka yang mengatakan perubahan mazhab karena mengikuti adat, apakah para mutaakhirin lebih mengenal terhadap imam daripada ashab imam sendiri ..??? Tentu tidak,bahkan ketika para ashab memilih pendapat imam yang qadim, mereka tidak menisbahkannya kepada imam,tetapi mereka memilihnya karena kuat dalilnya.

👉ke 4⚫ Para ulama-ulama mazhab Syafii dengan jelas mengatakan tidak boleh mengikuti pendapat qadim walaupun bagi penduduk Iraq, maka bagaimana orang-orang yang datang kemudian mengatakan perubahan Qadim ke Jadid karena faktor budaya Mesir...??? Jawaban jelas itu keliru.
⚫Alangkah mengherankan, orang yang mengatakan Imam Syafii berfatwa dengan pendapat jadid karena mengikuti adat mesir, hanya karena ingin memperoleh fatwa yang mudah-mudah walaupun bertentangan dengan dalil, dan mereka juga mendakwa fatwa jadid adalah sarana untuk mempermudah penduduk Mesir padahal mereka tidak mengatahui bahwa pendapat imam asyafie di Mesir berdasarkan dalil-dalil yang kuat dibandingkan fatwa Imam Syafii di Iraq, bahkan umumnya pendapat qadim cenderung lebih mudah dibandingkan mazhab jadid....

Hanya sekian uraian singkat  bantahan bagi mereka yang mengklaim bahwa pendapat jadid  imam syafiie hanya mengikuti budaya negara piramida(MESIR).


                👉WALLAHUA'LAM👈

Kamis, 20 Desember 2018

ZAKAR(PENIS) BERGERAK DALAM SHALAT,BATALKAH SHALAT..???


🔹OLAHRAGA yang paling baik di dunia ialah shalat,sehingga Gerakan anggota tubuh dalam salat dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh,karena setiap gerakannya dapat menimbulkan atau merangsang jaringan sel dan peredaran di dalam tubuh untuk bekerja lebih optimal. 
 ⚫Kondisi tubuh akan lebih sehat dan segar karena aliran darah lancar dan tidak ada yang tersumbat.Gerakan dalam salat ada yang membatalkan salat dan ada juga yang tidak sebagaimana yang telah disebutkan dalam bab yang membatalkan salat.

Yang menjadi pertanyaannya,,???
jika yang bergerak itu Zakar ,apakah membatalkan salat...????


JAWABANNYA SEPERTI YANG TERMAKTUB/TERTULIS DIDALAM KITAB MAHALLI juzu' 1 halaman 190 cetakan daarul ihya al-kutub

👈(وتبطل بالوثبة الفاحشة) قطعا كما قال في أصل الروضة إلحاقا لها بالكثير (لا الحركات الخفيفة المتوالية كتحريك أصابعه في سبحة أو حك في الأصح) إلحاقا لها بالقليل والثاني ينظر إلى كثرتها
👈قوله: (كتحريك أصابعه) أي مع قرار ساعده وراحته، وهي المراد بقول بعضهم مع قرار كفه، لأن الأصابع بعض الكف بل الوجه، الاكتفاء بقرار ساعده فقط، فراجعه وكالأصابع آذانه وأجفانه وحواجبه ولسانه وشفتاه، وذكره وأنثياه.
Dan kitab Iaanatuttalibin juzu' 1 halaman  215 cetakan haramain berikut nas-nya
👈(لا) تبطل (بحركات خفيفة) وإن كثرت وتوالت، بل تكره، (كتحريك) أصبع أو (أصابع) في حك أو سبحة مع قرار كفه، (أو جفن) أو شفة أو ذكر أو لسان، لانها تابعة لمحالها المستقرة كالاصابع

Gerakan zakar yang normal dalam salat tidak berpengaruh kepada batal salat sekalipun banyak dan berulang-ulang karena yang demikian dianggap gerakan ringan dan hanya dihukumkan makruh. Gerakan zakar tersebut sama halnya dengan gerakan jari saat mengaruk dengan ketentuan tidak bergerak telapak tangannya. Gerakan pelupuk mata, bibir, zakar atau lisannya tidak membatalkan salat karena semuanya masih mengikuti (menempel dengan tidak bergerak) pada tempatnya yang tetap dan tidak bergerak. Seperti seperti halnya jari-jemari yang tetap pada tangan dan kelopak mata yang ada pada kepala. Namun demikian, bila dilakukan dengan sengaja dan bertujuan untuk mempermainkan salat, maka salatnya dihukumi kepada batal, karena mempermainkan salat.

 ➰ Wallahua’lam.➰

Rabu, 19 Desember 2018

LELAKI WAJIB TAU,HARAM MENIKAHI DENGAN PEREMPUAN INI.





  Menikah merupakan perkara yang di syariatkan didalam agama islam,namun islam tidak serta merta membolehkan seseorang menikah dengan sembarangan wanita,Berikut ini klasifikasi perempuan yang tidak diperbolehkan menikahinya menurut yang tertera dalam kitab Hasyiah Syarqawi 'ala Tahrir karangan Syaikh al-‘Allamah ‘Abdullah bin Hijazi bin Ibrahim al-Syarqawi {1150-1226 H}

➡⚫Pertama Lima orang Ibu, yaitu :

🔹a. Ibu kandung
🔹b. Ibu susu
🔹c. Ibu istri 
🔹d. Ibu budak perempuan yang telah disetubuhi
🔹e. Ibu perempuan yang diwatak secara syubhat

➡Ke 2⚫Lima anak perempuan, yaitu :

🔹a. Anak kandung
🔹b. Anak susu
🔹c. Anak istri , apabila telah bersetubuh dengan ibunya
🔹d. Anak budak perempuan yang telah disetubuhi
🔹e. Ibu perempuan yang diwatak secara subhat

➡ke 3⚫ Enam perempuan yang disetubuhi, yaitu :

🔹a. Perempuan yang disetubuhi oleh ayah dengan sebab nikah
🔹b. Perempuan yang disetubuhi oleh ayah dengan sebab milik yamin(perbudakan)
🔹c. Perempuan yang disetubuhi oleh ayah dengan sebab subhat
🔹d. Perempuan yang disetubuhi oleh anak dengan sebab nikah
🔹e. Perempuan yang disetubuhi oleh anak dengan sebab milik yamin(perbudakan)
🔹f. Perempuan yang disetubuhi oleh anak dengan sebab subhat

➡ke 4⚫Tiga orang saudari perempuan, yaitu :

🔹a. Saudari kandung
🔹b. Saudari sesusuan
🔹c. Saudari perempuan istri (apabila dihimpunkan dalam masa yang sama)

➡ke 5⚫Tiga khalah (bibi dari pihak ibu) yaitu :

🔹a. Bibi sekandung
🔹b. Bibi sesusuan
🔹c. Bibi istri (apabila dihimpunkan dalam masa yang sama)

➡ke 6⚫Tiga a’mmatun (bibi dari pihak bapak ), yaitu :

🔹a. Bibi sekandung
🔹b. Bibi sesusuan 
🔹c. Bibi istri (apabila dihimpunkan dalam masa yang sama)

➡ke7⚫Tiga anak perempuan dari saudara laki-laki, yaitu :

🔹a. Anak perempuan saudara laki-laki sekandung
🔹b. Anak perempuan saudara laki-laki sesusuan
🔹c. Anak perempuan saudara laki-laki istri

➡ke 8⚫Tiga anak perempuan dari saudari perempuan, yaitu :

🔹a. Anak perempuan saudari perempuan sekandung
🔹b. Anak perempuan saudari perempuan sesusuan
🔹c. Anak perempuan saudari perempuan istri

Sedangkan yang lain dari yang telah tersebut diatas adalah mula’anatun, karena haram terhadap si laki-laki yang telah menuduhnya berzina menikahinya yang dipahamikan dari hadis nabi Muhammad SAW.


 Buat para pembaca yang dirahmati oleh Allah tulisan diatas bisa dirujuk di dalam kitab Hasyiah Syarqawi 'ala Tahril Juzu' 11 Halaman 216 Cetakan Haramain.

Sekian tentang wanita yang haram di nikahi oleh seorang lelaki..

Selasa, 18 Desember 2018

PENAWAR HATI





⚫Di dalam kehidupan manusia hati mempunyai peranan yang sangat penting, karena baik buruknya semua yang dilakukan oleh seorang hamba sangat dipengaruhi oleh segumpal daging yang berada didalam tubuh manusia(hati). 
 Jika hati seseorang itu baik maka baik pula akhlaknya, begitu pula sebaliknya, sebagaiman sama sama kita ketahui sabda Rasulullah SAW yang satu ini 👉 Ketahuilah bahwa di dalam tubuh terdapat segumpal darah, apabila ia baik maka seluruh tubuh akan baik, dan apabila rusak maka seluruh tubuh akan rusak. Ketahuilah ia adalah hati👈 Hadist ini diriwayatkan oleh  Bukhari dan Muslim.
 ➡Oleh karena demikian sudah sepantas dan selayaknya bagi kita untuk selalu menjaga hati agar tetap bersih dan sehatsebagaimana kita berupaya untuk menjaga kebersihan jasmani atou fisik kita yaitu dengan mengetahui kemudian menghilangkan berbagai kotoran serta penyakit yang terdapat di dalam hati, agar hati selalu bersih dan baik berikut ada 5 cara mengobati hati sekaligus menjadi penawar hati yang diterangkan oleh Sayyid Al-Jaliil Ibrahiim al-Khawwash didalam kitab Al-Adzkar juzuk pertama Halaman 107 Maktabah Syamilah,

👈السيد الجليل صاحب الكرامات والمعارف، والمواهب واللطائف، إبراهيم

👈الخوَّاص رضي الله عنه: دواء القلب خمسة أشياء: 

Pertama:
🔚قراءة القرآن بالتدبر، 
Ke dua
🔚وخلاء البطن، 
Ketiga
🔚وقيام الليل، 
Ke empat
🔚والتضرّع عند السحر،

Dan yang terakhir
🔚ومجالسة الصالحين.


➡1. Membaca al-Quran dengan merenunginya
➡2. Mengosongkan perut dengan berpuasa
➡3. Bangun malam dengan beridah kepada Allah
➡4. Merendahkan diri pada Sang Pencipta Alam disepertiga malam
➡5. Bergaul dengan orang-orang shalih dan pilihan


 Itulah obat hati yang perlu di terapkan dalam kehidupan sehari~hari,sehingga hati menjadi salim,karena tidak akan masuk surga seorang hamba kecuali dengan hati yang salim.


Insya allah.

Minggu, 16 Desember 2018

AZAN SUBUH MENAMBAHKAN KALIMAT الصلاة خير من النوم BEGINI ASAL~USULNYA



 ⚫💂kronologi kejadian Masalah Pada saat azan subuh terdengar ada penambahan dalam azan yaitu tambahan Tahwib (الصلاة خير من النوم) penambahan itu ada sampai hari ini bukan karena tidak ada asal usul sunnah yang nabi lakukan beserta sahabat ribuan abad yang lalu.

⚫Hingga timbul Petanyaan dikhalayak umum Dimanakan asal usul pembacaat Tashwib (الصلاة خير من النوم)..????

👉Jawaban seperti yang terteradalam kitab Tahrir asySyarqawi juzu' 1 halaman  255 Cetakan Darl kutub ilmiyyah,menjelaskan sebagai berikut:
  ⚫Ketika waktu shalat tiba Rasullah SAW dan sahabat telah menyepakati dengan mengumandangkan azan sebagai penanda bahwa waktu shalat telah  tiba.
  ⚫Susunan kalimat yang dikumandangkan ketika azan adalah takbir 4 kali, shahadat tauhid 2 kali, syahadat Rasul 2 kali, hayya’alataini 4 kali, takbir 2 kali, dan disudahi dengan tahlil 1 kali.
 Namun terjadi sedikit perbedaan pada azan yang dikumandangkan diketika waktu shalat subuh tiba,yaitu adanya penambahan bacaan taswib الصلاة خير من النوم pada shalat subuh setelah hayya’alatain. Penambahahan bacaan tashwib ini bermula ketika Bilal bin Rabah berencana untuk mengumandangkan azan shalat shubuh, tiba-tiba ada orang yang memberi tahu bahwa Rasullullah sedang tidur Maka Bilal berkata:
⚫عليك السلام يايها النبى ورحمة االه وبركاته
⚫الصلاة خير من النوم السلام
sebanyak dua kali. Kemudian Rasullah berkata “ bacalah bacaan tersebut ketika engkau mengumandangkan azan diwaktu shalat subuh”

Sekian tentang azan subuh...

Jumat, 07 Desember 2018

ZULHIJJAH, INILAH KELEBIHAN DAN KEMULIAN BULAN INI




⚫tataislam.com -Salah satu nikmat yang Allah berikan kepada umat Islam adalah selalu diberikannya waktu-waktu terbaik untuk beribadah dan berdoa kepada Allah. Waktu tersebut terus berjalan dan berganti dengan waktu mustajabah yang lain. Setelah Ramadhan berlalu, Allah berikan bulan Syawal dimana di dalamnya disunnahkan puasa enam hari, dan sekarang masuk bulan Zulhijjah, di mana di bulan ini juga Allah berikan kelebihan yang besar SEPERTI yang tataislam.com kutib didalam Kitab Lataiful Maarif halaman 458 &469 & 471 cet Darul Ibnu Khatsir....
⚫Di antara hari-hari yang lebih dalam bulan Zulhijjah adalah sepuluh hari diawal bulan ini.


Dalam al-quran Allah juga bersumpah dengan malam sepuluh hari Zulhijjah, dalam al-Quran surat al-Fajr;

(والفجر . وليال عشر )

Demi fajar dan malam-malam yang sepuluh.

⚫Selain itu, sepuluh hari Zulhijjah juga merupakan bagian dari empat puluh hari yang Allah janjikan kepada Nabi Musa as dalam firmanNya;

وَوَاعَدْنَا مُوسَى ثَلاثِينَ لَيْلَةً وَأَتْمَمْنَاهَا بِعَشْرٍ فَتَمَّ مِيقَاتُ رَبِّهِ 👉👈أَرْبَعِينَ لَيْلَةً


⚫Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi) (Q.S. al-A’raf; 142)
 ⚫Selain juga juga merupakan penutup dari aiyam ma’lumat bagi musim haji yang Allah sebutkan dalam al-quran surat al-Baqarah ayat 197:

👉الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ👈

⚫Haji adalah beberapa bulan yang telah dimaklumi. (Q.S. al-Baqarah ayat 197).

Sepuluh Zulhijjah juga hari yang dimaksudkan dengan kata aiyam ma’lumat dalam surat al-Hajj ayat 28 sebagai hari yang dianjurkan untuk memperbanyak mengingat Allah sebagai jalan mensyukuri nikmat yang Allah berikan hewan-hewan ternak.

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ👈 👉الْأَنْعَامِ


➡dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. (Q.S. al-Hajj ayat 27)

➡Manyoritas ulama mengemukakan hari hari ma’lumat adalah hari sepuluh Dzulhijjah. Diantara para ulama yang berpendapat demikian Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Atha, Mujahid, Ikrimah, Qatadah, nakh’i, dan juga pendapat Imam Abi Hanifah, Imam Syafii dan Ahmad yang masyhur.



↪Dalam satu hadits Rasulullah bersabda: ↩


ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام"👈 يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: "ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجلا خرج 👉بنفسه وماله لم رجع من ذلك بشيء


◾Tiada hari dimana perbuatan terpuji saat itu lebih dicintai Allah dari pada ini hari yaitu sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: “ya Rasullah, tidak juga jihad?” Rasullah mejawab: tidak juga jihad di jalan Allah melainkan seorang laki-laki yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak kembali lagi”. (H.R. Imam Bukhari)



↪Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda;↩


ما من أيام أفضل عند الله من أيام عشر ذي الحجة فقال رجل :👈 يا رسول الله هو أفضل أم عدتهن جهاد في سبيل الله ؟ قال : 👉هو أفضل من عدتهن جهادا في سبيل الله


◾Tiada dari hari-hari yang afdhal disisi Allah melebihi sepuluh hari Zulhijjah, para shahabat bertanya; ya Rasulullah, itu lebih afdhal atau berjihad selama sepuluh hari di jalan Allah? Rasulullah menjawa; dia lebih afdhal dari berjihad dengan bilangannya (10 hari) di jalan Allah.

◾Hadist ini menunjuki bahwa beramal pada sepuluh Dzulhijjah Allah lebih cinta dari pada beramal pada hari-hari dunia tanpa ada pengecualian. Maka jika beramal pada hari tersebut lebih afdhal dan dicintai di sisi Allah maka amaliyah pada hari tersebut menjadi amal yang lebih utama dari amaliyah pada hari lain walaupun dengan amalan yang lebih sendiri.



↪Juga diriwayatkan dri Ibu Abbas dengan sanad yang dhaif;↩


↪و العمل فيهن يضاعف بسبعمائة↩



⚫Beramal pada hari-hari tersebut akan digandakan sebanyak 700 kali.



◾Ada beberapa riwayat yang berbeda-beda tentang kadar dilipatgandakan balasan amalan pada sepuluh zulhijjah. Dalam riwayat Imam Turmizi, Ibnu Majah, dari riwayat an-Nahhas dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabada ;


ما من أيام أحب إلى الله أن يتعبد له فيها من عشر ذي الحجة👈 يعدل صيام كل يوم منها بسنة و كل ليلة منها بقيام ليلة 👉القدر


◾Tiada dari hari yang lebih Allah cintai untuk beribadat daripada sepuluh Zulhijjah, puasa pada hari-hari tersebut sebanding dengan setahun, beribadat pada malamnya sebanding dengan beribadat pada malam Qadar”.



⚫Diriwayatkan oleh Tsuwair bin Abi Fakhimah dari Mujahid dari Ibnu Umar bahwa beliau berkata :


ليس يوم أعظم عند الله من يوم الجمعة ليس العشر فإن العمل👉👈 فيها يعدل عمل سنة


◾Tiada hari yang lebih besar di sisi Allah dari hari jum’at yang bukan dari sepuluh (Zulhijjah), karena beramal di sepuluh hari di bulan Zulhijjah sebanding dengan setahun.

◾Di riwayatkan oleh Abu Amr an-Naisaburi dalam kitab al-Hikayat dari Qatadan dan Ibnu Sirin keduanya berkata :

👉صوم كل يوم من العشر يعدل سنة👈




◾Berpuasa setiap hari di sepuluh (Bulan Zulhijjah) sebanding dengan setahun.




⚫Juga diriwayatkan dari Saidina Anas bin Malik; 


كان يقال في أيام العشر بكل يوم ألف يوم و يوم عرفة عشرة👉👈 آلاف

Ada yang mengatakan tentang sepuluh hari Zulhijjah bahwa untuk setiap harinya sebanding dengan seribu hari dan hari Arafah sebanding dengan sepuluh ribu.

⏩Selain itu banyak juga hadits yang menyebutkan kadar dilipatgandakan amalan di hari tersebut, namun banyak di antaranya merupakan hadits maudhu’ yang tidak layak untuk kita sebut.


Berkata Suhail dari ayahnya dari Ka’ab :


اختار الله الزمان و أحب الزمان إلى الله الأشهر الحرم و أحب 👈الأشهر الحرم إلى الله ذو الحجة و أحب ذي الحجة إلى الله 👉العشر الأول


◾Allah telah memilih waktu, dan waktu yang paling Allah cintai adalah bulan haram, dan dan bulan haram yang paling Allah cintai adalah bulan Zulhijjah dan hari-hari bulan Zulhijjah yang paling Allah cintai adalah sepuluh hari diawalnya.

◾Adapun anjuran untuk memperbanyak zikir pada hari-hari ini terdapat dalam al-Quran, firman Allah dalam surat al-Hajj ayat 28:

👉وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ👈



⚫dan mereka menyebut nama Allah pada hari-hari ma’lumat .


⚫Menurut jumhur ulama, maksud dengan hari ma’lumat itu adalah 10 hari di awal Zulhijjah.


Dalam satu Hadits Rasulullah SAW bersabda:


ما من أيام أعظم و لا أحب إليه العمل فيهن عند الله من هذه👉👈 الأيام العشر فأكثروا فيهن من التهليل و التكبير و التحميد

Tiada dari hari-hari besar dan yang lebih dicintai untuk beramal disisi Allah melebihi hari-hari sepuluh ini, maka perbanyaklah tahlil, takbir dan tahmid pada hari tersebut.(H.R. Imam Ahmad)


➰WALLAHU'LAM➰